Dana BUMdes Desa Oebou Direalisasikan, Namun BUMdesnya Fiktif


Ketua Bumdes Desa Oebou Stefanus Adu

Zonalinenews.Com-Ba’a.Kepala Desa Oebou,Kecamatan Rote Barat Daya,Kabupaten Rote Ndao,Provinsi-NTT Paulus Mooy diduga menyelewengkan dana Bumdes Tahun 2018 dan 2019.pasalnya, BUMdes Desa Oebou diduga fiktif dan tidak jelas keberadaannya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bumdes Desa Oebou Stefanus Adu Kepada wartawan di kediamannya di Desa Oebou Rt 09/Rw 05, Dusun Danoheo,Senin 4 November 2019,Pukul 16:06 WITA.

Adu menjelaskan pembentukan Badan Usaha Milik Desa dibentuk atas Kesepakatan bersama dengan Kepala Desa Oebou Paulus Mooy sejak Tahun 2018 namun menurutnya Tahun 2018 tersebut hanya ditetapkan Ketua BUMdes bersama rekan-rekan kerjanya dan hingga saat ini belum ada proses pembentukan nomor rekening BUMdes tersebut sehingga anggarannya belum direalisasikan.

Menurut Ketua Bumdes Stefanus Adu sejak Tahun 2018 hingga bulan November 2019 BUMdes Desa Oebou belum berjalan karena setau dirinya sebagai Ketua,belum dibuka nomor rekening BUMdes tersebut sehingga program BUMdes belum berjalan alias Fiktif .

“Sudah pernah kita pergi ke Bank BRI untuk proses Rekening BUMdes namun pihak Bank kembali mengarahkan kalau buka rekening Desa itu harus ada surat kuasa dari kepala Desa,”ungkap stefanus dengan wajah kesal.

Lanjut Stefanus Adu menjelaskan,bahwa dirinya sebagai ketua BUMdes Desa Oebou hingga saat ini tidak tau dana BUMdes Tahun 2018 yang diungkapkan Kepala Desa berjumlah 80 juta Rupiah lebih tidak tau dikemanakan, namun pernah ada rapat musrembang bersama Kepala Desa dikantor Desa setempat dan pernah dibicarakan kalau nomor rekeningnya sudah dibuat, baru Dananya bisa didapatkan.

“Dari Musrembang itu baru saya tahu kalau dana BUMdes Tahun 2018 itu adalah 80 juta lebih, tapi sampai pada saat ini saya tidak tau dananya dikemanakan,”imbuhnya.

Ketua BUMdes Desa Oebou menambahkan dirinya sebagai ketua BUMdes Desa Oebou tidak tau 2 Tahun itu dananya dimana, namun setau dirinya pada saat musrembang itu sempat dibahas Dana BUMdes Tahun 2018 dan 2019.

Sementara itu Kepala Desa Oebou Paulus Mooy ketika dikonfirmasi Zonalinenews.Com melalui sambungan telepon selular Senin, 11/11/2019 mengatakan,menyangkut dana BUMdes Desa Oebou memang ada penyertaan modal Tahun 2018 namun waktu itu tidak jadi pembentukan BUMdes sehingga uangnya dislipkan kembali, kemudian ada pembentukan badan pengurus BUMdes ditahun ini, dalam perjalanan ketua Bumdes ke Papua, lalu dirinya menyarankan sekretaris agar pergi membuka rekening untuk proses transfer uang tersebut.

Menurut kades setelah dikonsultasikan ke Bank harus ada manager BUMdesnya, sementara pihaknya mau mengadakan pemilihan ulang tapi dari pihak keluarga yang bersangkutan mengatakan bahwa yang bersangkutan Stefanus Adu mau kembali, sehingga bulan september kemarin baru saudara Stefanus Adu pulang dari Papua, kemudian dirinya sebagai Kades Oebou memanggil yang bersangkutan, agar kalau bisa buka rekening untuk uangnya ditrasnfer.

Kades mengakui jika suda ada rekening maka dananya akan ditranfer sambil menyarankan agar wartawan jangan dulu menulis.

“Ko beta (saya) rasa kaka dong kasi naek berita juga kan beta su sampaikan to, bahwa itu berita sonde (tidak) perlu dikasinaik (publikasikan), karena BUMdes ini hanya asal-asal laporan. Nanti kita arahkan dan beritahu Dia dulu, dan seharusnya mau dibilang yang lapor yang salah?,”ujar sang Kades.(*Tony)