Dinas P Dan K Kota Kupang Lestarikan Budaya Lewat Lomba Tarian Dan Cerita Budaya


ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk melestarikan budaya tradiosional Nusa Tenggara Timur (NTT) Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (P Dan K) memiliki program perlombaan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdiri perlombaan tarian budaya dan lomba cerita rakyat. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Kebudayaan , Dinas P Dan K Kota Kupang Frans Folamauk kepada zonalinenews.com di ruang kerjanya, Selasa 26 November 2019.

Menurut dia, selain perlombaan tarian daerah, Dinas P Dan K juga melakukan lomba cerita bagi siswa SD dan SMP. “kegiatan perlombaan ini kita suda lakukan bulan lalu, yang diikuti oleh 117 SD dari 158 SD di Kota Kupang dan SMP yang ikut 34 sekolah dari 58 sekolah,” ungkap Frans.

Dia mengatakan, perlombaan tersebut digelar dengan tujuan agar anak – anak bisa lebih mengenal budaya NTT dibandingkan dengan budaya lain di luar NTT. “Contohnya, cerita sangkuriang yang berasal dari jawa barat itu kalau diceritakan di NTT sangat tidak cocok,” kata Frans.

Lewat kegiatan – kegiatan yang bernuansa budaya NTT, lanjut Frans anak – anak bisa lebih mengenal budaya NTT sejak duduk di bangku SD dan SMP. “Kita di NTT ini sangat memeliki banyak cerita tentang budaya. Karena setiap kabupaten yang ada di NTT ini memiliki cerita budaya yang berbeda – beda,” papar dia.

Dia menambahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini mampu mengikis pengetahuan budaya terhadap anak. “Untuk menghidupkan budaya tradisional kepada anak, kita juga sudah melakukan berbagai perlombaan yang bernuansa budaya antar kelurahan di Kota Kupang ,” jelas Frans. (*hayer)