Gadis Berseragam Khaki dan Pegawai PTT Baru di Lingkup Pemkot Kupang


Foto ilustrasi sumber net

Zonalinenews-Kupang,- Pagi itu dibilangan kawasan Balai Kota Kupang, sebagai rutinitas wartawan, saya melakukan aktifitas peliputan. Ada hal yang tak biasa ku jumpai, seorang gadis cantik berpakaian khaki ( berseragam Dinas Pegawai ) warna kuning kecoklatan melintas dihadapan ku.

Ada sesuatu yang aneh yang tak lazim kulihat pada gadis itu, kan Hari ini hari Rabu 6 November 2019, seharusnya pengawai lingkup Pemkot. mengenakan pakaian seragam hitam putih mengapa gadis cantik ini memakai seragam berbeda …? , Penasaran Zonalinenews bertanya ke gadis cantik tersebut.

“Ade nona pegawai di Pemkot Ko..? ” dengan tersenyum manis gadis itu menjawab ia bapa.

Di dinas mana ade ?, jawab ,gadis itu di Kesbagpol bapa.

Semakin penasaran Zonalinenews bertanya baru masuk kah di Dinas itu,

Jawab gadis itu ia bapa saya baru masuk

” Ada berapa orang;” tanya Zonalinenews.

Kami Ada tujuh orang baru masuk di dinas itu,” sahut gadis berseragam khaki bersama teman pria sesama honor (PTT) baru, yang saat ini sedang membeli makanan ringan di kantin lantai 2 kantor Walikota Kupang.

Mendapati jawaban itu, Zonalinenews mengucapkan terima kasih kepada gadis itu dan temannya.

Disaat yang bersamaan melintas salah soerang PNS Dinas Pemadam kebakaran kenalan Zonalinenews, yang saat Itu berkepentingan di BKPPD Kota Kupang.

Sambil iseng zonalinenews bertanya, Bapa… di Pemadam kebakaran ( Damkar) ada ko pegawai honor baru?

Ia ada ;” jawab PNS Damkar ke Zonalinenews

” Berapa orang,” tanya Zonalinenews.

“5 orang,” sahut PNS itu sambil minta namanya tidak dipublikasikan.

Disaat yang bersamaan salah seorang Anggota Pol. PP melintas yang kebetulan mendengar pembicaraan itu, menyampaikan bahwa di Pol. PP juga banyak honor yang baru masuk.

“Betul kah ada honor baru di Pol PP;” tanya Zonalinenews ke anggota Pol PP itu.

” Kalau kaka sonde ( tidak) percaya, kaka ke ruang pak Kasat Pol PP itu ada honor baru lagi antri bawa berkas untuk ketemu kasat. Bahkan sudah ada honor baru yang sudah mulai bekerja di satuan Pol PP,” ungkap Anggota Pol. PP sambil meminta ke Zonalinenews untuk namanya dirahasiakan.

Mendapati informasi itu Zonalinenews berkunjung ruang kerja Kasat Pol PP Kota Kupang, Felixberto Amaral dan sesampai di ruang kerja terlihat beberapa PNS dan seorang gadis berpakaian seragam hitam putih memegang map merah lagi antri untuk bertemu kasat.

Melihat kondisi antrian itu, Zonalinenews potong kompas dan menyampaikan ke staf sekertariat Kasat Pol. PP terkait ingin konfirmasi soal penerimaan tenaga honor baru di satuan Pol PP.

Mendapati jawaban itu staf itu, meminta Zonalinenews bersabar karena di ruang pak Kasat ada pak Sek Pol PP.

“Nanti pak Sek Keluar kaka langsung masuk ketemu pak Kasat,” tutur staf sekertariat Kasat Pol PP kepada Zonalinenews.

Jelang beberapa menit kemudian Sekertaris Pol PP keluar dari ruang kerja Kasat dan bertegur sapa dengan Zonalinenews, kemudian oleh staf Zonalinenews dipersilahkan masuk ke ruang Kasat.

Kasat Pol PP Kota Kupang , Felixberto Amaral kepada Zonalinenes terkait penerimaan Honorer baru menjelaskan honor atau Pegawai Tidak Tetap ( PTT) yang baru masuk sebanyak 19 orang.

” TMT 1 Oktober 2019 dan SK ditanda tangani Walikota ,” tutur Kasat.

Tanya Zonalinenews, Apakah para PTT ini ikut tes…?

” Tidak mereka ( PTT) memasukan berkas lamaran, sedangkan 3 orang PTT dimutasikan dari instasi lain jadi total tenaga PTT di Pol PP ada 61 orang sedangkan PNS 105 orang,” ucap Kasat.

Pada saat wawancara berlangsung Kabid Kepegawaian masuk ke ruang kasat bersama gadis berseragam hitam putih yang memang map merah.

” ini pak kasat Pegawai baru yang baru masuk, ini berkasnya,” sambil kepala bidang Kepegawaian menyerahkan map merah milik gadis itu ke Kasat Pol Pol.

” Setelah melihat isi map itu, Kasat bertanya baru tamat sekolah ya,” tanya Kasat.

” Ia pak saya baru tamat SMA pak,” jawab gadis itu ke Kasat Pol PP.

Mendengar jawaban tersebut, kasat meminta Kabid Kepegawaian dan gadis iitu, untuk segera meninggalkan ruanganya karena mau melanjutkan wawancara.

Pada kesempaan itu Kasat Felixberto menambahkan jadi saat ini jumlah PTT di Pol PP menjadi 20 orang. Setelah mendapat penjelasan Zonalinenews pamitan dan meninggalkan ruang Kasat Pol. Pol PP.

Karena penasaran soal temuan-temuan PTT, Zonalinenews melangkahkan kaki menuju ke ruang Sekda Kota Kupang, Elly Wairata untuk mengkonfirmasi terkait penambahan PTT baru di lingkup Pemkot.

Didepan ruang sekda Zonalinenews bertemu dengan salah satu wartawati online yang biasa mangkal Kantor Walikota.

” Kaka ini betul ada tarnbahan tenaga Honor ( PTT) di lingkup Pemkot ,” tanya Zonalinenews sambil berkosultasi ke Wartawati itu,

” Kemungkinan, tapi alangkah baiknya kita tanya Sekda atau BKPPD;” tutur Wartawati itu.

Pada saat bersamaan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati melintas di depan ruang sekda, disaksikan wartawati, Zonalinenews sambil iseng bertanya kepada drg. Retnowati apakah ada penambahan tenaga honor di Dinas Kesehatan Kota kupang.

” Kemungkinan 50 orang ,” tutur drg. Retnowati sambil meninggalkan Zonalinenes dan wartawati online karena kemungkinan ada sesuatu hal yang sangat penting.

Mendapati jawaban itu Zonalinenews semakin penasaran apa betul.yang diucapkan drg. Retnowati, sehingga rasa penasaran itu, Zonalinenews mengajak wartawati untuk mengkonfirmasi Sekda dan oleh staf mengatakan bahwa pak sekda tidak bisa diganggu karena hari ini bersama tim sibuk urus berkas pejabat yang di Fit.

” Tadi juga beberapa kepala Dinas ingin , bertemu pak sekda tidak bisa karena lagi sibuk dengan tim di ruangan ,” tutur staf itu.

Akhirnya zonalinenews dan wartawati mendatangi ruang Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah ( BKPPD) Kota Kupang menjumpai Kepala BKPPD namun oleh staf menyatakan bahwa yang bersangkutan lagi bertugas keluar daerah.

“Sama ibu Sekertaria saja, ibu Sek. ada Ko,” tutur staf tersebut.

Sekertaris BKPPD Kota Kupang, Henny Lukas pada kesempatan itu menjelaskan jumlah PTT kurang lebih sebanyak 240 orang lebih yang masuk saat ini mengantikan PTT yang sudah lulus menjadi PNS, bahkan tidak mau melanjutkan menjadi PTT.

” 240 itu mengantikan PTT yang tidak mau bekerja lagi ,” ungkap Henny Lukas kepada Zonalinenes dan wartawati online.

Ketika ditanya apakah 240 itu masuk mengikuti tes seperti yang telah dilakukan oleh pemkot saat melakukan tes bagi PTT.

” itu tidak karena posisi berkas PTT masuk ini, mengantikan PTT yang telah jadi PNS dan yang tidak mau menjadi PTT lagi ,” tutur Henny.

Ketika ditanya.Zonalinenews apa betul berkas PTT yang baru masuk sudah antri lama untuk menganti PTT yang tidak aktif lagi, yang Zonalinenews ketahui bahwa ada PTT yang baru tamat SMA juga sudah diterima.

Mendapati jawaban itu, Henny Lukas menanyakan ke Zoanlinenews apakah bapa punya data.

” Saya punya data , tadi saya lihat sendiri di Pol. PP anak baru tamat SMA memasukan berkas untuk berkerja di Satuan Pol PP ,” jelas Zonalinenews.

Pada kesempatan itu wartawan media online menanyakan ke Sekertaris BKPPD Kota Kupang Henny Lukas, terkait 240 lebih PTT tersebut penyebarannya di instansinya mana saja.

” Soal itu saya kurang tau pasti , nanti saya tanya ke Kepala Bidang yang menginput data itu,” tutur Henny Lukas. (* tim)