Jalan Finono Menggugah Tiga Dewan TTS Selalu Rindu Pulang Kampung


Zonalinenews-TTS;- Dituturkan oleh salah seorang anggota Dewan Perwakilqn Rakayat Daerah Kabuoaten Timor Tengah Selatan (TTS) asal dapil tiga dari partai Berkarya, Deksi Letuna, bahwa pekerjaan jalan Finono saat ini, adalah inisiatif bersama dirinya dan juga kedua rekannya yang sama sama anggota dewan asal dapil tiga, yakni Viktor Soinbala PAN dan Thomas Lopo PKB yang setelah dilantik pada bulan Agustus, menginisiasi perbaikan jalan dilintasan Finono walaupun itu harus patungan bertiga dan dikerjakan secara swadaya.

Deksi menceritakan terdorong oleh rasa setiap saat mereka bertiga ingin selalu berada di kampung, yang kemudian pada bulan september dimulailah pekerjaan jalan secara manual bersama-sama masyarakat yang kala itu dipimpin langsung oleh salah satu dari mereka bertiga yakni Viktor Soinbala,

Dalam semangat gotong-royong tersebut, ketiga anggota dewan pun membangun komunikasi komunikasi ke para pihak untuk mendapatkan alat berat sehingga memudahkan pekerjaan dan juga sekaligus menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Dan mereka bersepakat kalaupun itu berapa upahnya mereka siap patungan untuk membayar.

Mimpi itupun akhirnya terjawab ketika pada hari jumad 8 November 2019 , oleh Dinas PUPR TTS menurunkan satu unit Exavator dan Tiga unit dump truk untuk membantu mengerjakan jalan finono sekitar 600 meter yang sering terjadi longsor pada tiga titik ketika datangnya musim penghujan.

Deksi menuturkan Dinas PUPR TTS juga turut membantu dengan bahan bakar yang ditanggung langsung oleh Dinas PUPR TTS. Sejak hari jumat tersebut exavator langsung beroperasi dan mengerjakan jalan finono. Sedangkan dirinya bersama kedua rekannya anggota dewan menyesuaikan partisipasi mereka sesuai kebutuhan dalam pkerjaan jalan finono termasuk salah satunya patungan menurunkan tanki air guna penyiraman material sebelum pemadatan nantinya.

“Minggu 10 November, Dua anggota dewan Deksi Letuna dan Viktor Soinbala bersama Kepala Desa Mnela Anen menemui pemilik lahan sirtu , Noh Nenoliu, dan dibicarakan secara adat untuk pemanfaatan sirtu jalan dan oleh pemilik lahan bersedia memberikan material sirtu untuk digunakan tanpa dipungut biaya. Sedangkan pada saat itu Thomas Lopo tidak hadir karena sementara berada diluar daerah untuk urusan keluarga,”ungkap Deksi.

Tanggapan masyarakat atas perbaikan jalan finono sangat positif, terutama pengguna jalan dan juga pemilik travel dan ojek, menyambut baik inisiatif ketiga anggota dewan maupun pemda TTS karena baru kali ini ada perhatian terhadap perbaikan jalan finono karena selama ini tidak pernah diurus dengan serius. Tanggapan positif ini dari Samir Banu, Yan Ngonggoek, dan Polce Tafuli serta sejumlah masyarakat lainnya.

Menurut mererka, Finono merupakan jalan sumbu yang menghubungkan Kecamatan Amanuban Timur, Kecamatan Aamanatun Utara, Kecamatan Kokbaun, kecamatan Toianas dan juga salah satu jalan sumbu dan cepat menuju dari dan ke kabupaten Malaka.

Bila lintasan Finono sudah baik, maka otomatis dari Malaka akan memilih melewati jalur tersebut, karena jaraknya yang lebih dekat dan tidak memutar seperti saat ini harus melewati kabupaten TTU atau memutar melewati wilayah selatan TTS.

Pekerjaan perbaikan jalan Finono, dikebut sehingga dapat selesai sebelum datangnya musim penghujan. Karena biasanya kalau saat hujan maka akan sangat sulit melewati lintasan tersebut dan bahkan membahayakan para pengguna jalan.

Sementara itu, Kades Mnelaanen, Agus Fallo menuturkan kalau dirinya semenjak diturunkannya Exavator pada jumad. Ia selalu hadir dilokasi dan memantau pekerjaan jalan finono bersama linmas. Bahkan linmaspun dikerqhkannya untuk membantu melancarkan arus lalulintas saat jalan dalam proses perbaikan.

Lanjut Kades Mnelaanen bahwa khusus untuk sirtu, dirinya bersama dua orang anggota dewan sebagai inisiator Deksi Letuna dan Viktor Soinbala telah melakukan pendekatan secara adat dan siap untuk dibongkar pada Senin 9 November dan dirinya akan hadir saat pembongkaran sirtu dilokasi menuju jalan Finono.

Kades Mnelaanen Kecamatan Amanuban Timur, Agus Fallo mengutarakan kalau dirinya bersama masyarakat Mnelaanen siap selalu apabila dibutuhkan tenaga masyarakat untuk membantu pelaksanaan kegiatan yang membutuhkan keikutsertaan masyarakat dalam berpastisipasi demi kelancaran pekerjaan jalan Finono. (*Elli)