Jalan Sehat dan Olahraga, Bupati Deno : Mencegah Penyakit Tidak Menular


Zonalinenews-Manggarai,- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Manggarai mengadakan kegaiatan jalan sehat yang diselenggarakan Jumat 29 November 2019.

Jalan sehat ini dimulai sekitar pukul 05.30 WITA, dengan jalur yang ditempuh lapangan Motang Rua, jalan Motang Rua, Kelurahan Mabumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Bupati Manggarai Deno Kamelus dalam sambutannya mengatakan, jalan sehat ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 dan cara untuk menggerakan masyarakat agar mengedepankan pola hidup sehat.

Menurut Deno jalan sehat merupakan instruksi preseiden untuk mencegah terjadinya penyakit yang tidak menular seperti struk, diabetes dan lain-lain.

“Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular semakin meningkat. Jalan sehat pada pagi hari ini dalam rangka untuk mencegah terjadinya penyakit itu. Di dalam Instruksi Presiden ( Inpres) kita diajak untuk melakukan jalan sehat dan pola hidup sehat tarmasuk rajin berolahraga” kata Deno

Deno pun mengajak masyarakat yang berusia 50 tahun untuk berjalan kaki selama 30 menit, sementara bagi masyarakat yang berusia diatas 75 tahun olahraganya akan disesuaikan.

“Saya mengajak masyarakat untuk melakukan jalan sehat bersama-sama atau masing-masing ataupun secara kelompok, “ajak dia.

Selain itu, untuk menekan angka stanting, Deno meminta kepada masyarakat di wilayah itu untuk memperhatikan anak usia 1000 hari pertama.

“Berikan ASI spesial kepada mereka. Hal ini merupakan langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam rangka mengurangi stanting,” cetus dia.(*Kons Hona)