Kodim Manggarai Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urine Bagi Anggota


Zonalinenews-Manggarai;- Kodim 1612/Manggarai melalui Staf Intel melaksanakan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang di ikuti 135 orang prajurit dan angota Persit KCK Cab. XVII, Kamis 28 November 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Makodim 1612/Manggarai, Jl. Banteng, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Selain melakukan sosialisasi P4GN, anggota Kodim 1612/ Manggarai melaksanakan tes urine.

Pada kesempatan itu, Kasdim 1612/Manggarai Mayor Chb I Wayan Subrata menjelaskan, Penyuluhan adalah salah satu cara yang tepat guna mencegah bahaya narkoba.

Melalui momen ini sambung I Wayan Subrata, kita dibekali dengan pengetahuan tentang obat dan tanaman yang tergolong dalam narkotika.

Kegiatan ini merupakan program dari Komando Atas untuk dilaksanakan. Ia berharap, dengan kegiatan semacam ini kita terus diingatkan agar agar menjauhi narkoba.

“Saya ingatkan kepada seluruh prajurit, jangan pernah sekali-kali mencoba atau penasaran dengan yang namanya Narkoba dan sejenisnya, karena sekali terjerumus di dalamnya maka akan sangat susah untuk lepas dari pengaruh Narkoba. Tanamkan dalam jiwa masing kita, “Say No To Drug,” pesan Kasdim.

Di tempat yang berbeda, Komandan Kodim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos. menegaskan, seluruh anggota Kodim baik prajurit TNI maupun PNS di larang keras untuk mencoba-coba apalagi sampai menjadi pengguna narkoba.

“Saya perintahkan kepada seluruh anggota untuk tidak mendekati narkoba. Bagi yang pernah menggunakannya agar segera menjauhi dan meninggalkan barang haram tersebut. Kalau ada yang terindikasi, saya akan tindak tegas,” tandas dia.

Hal ini tegas dia, sebagai bentuk komitmen TNI dalam melakukan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Jika ada anggota yang menggunakan narkoba akan dikenai sanksi hukum dengan melakukan pemecatan sebagai prajurit TNI AD,” ungkap dia.

Menurut dia, sesuai dengan perintah Panglima TNI, bahwa seluruh prajurit TNI tidak boleh terlibat dengan penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, maka perlu dilakukan sosialisasi P4GN.

” P4GN merupakan program satuan dalam menciptakan prajurit yang bersih dari narkoba dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba,” pungkas Dandim.(*Kons Hona)