KSF Undana Lombakan Siswa SMP Se-NTT Di Cerdas Cermat Fisika IX


Zonalinenews-Kupang,- Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip), Universitas Nusa Cendana yang tergabung dalam Kelompok Studi Fisika (KSF), melombakan siswa siswi SMP se Nusa Tenggara Timur (NTT) di Cerdas Cermat Fisika (CCF) IX. 11-16 November 2019.

Baca Juga Zonalinenews: Hasil Seleksi Cerdas Cermat Fisika IX di 21 Kabupaten Kota Se-NTT.

Ketua Program Studi Fkip Fisika Undana Hartoyo Yudhawardana, S.Si.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada 32 Tim dari tiap Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah turut ambil bagian dalam kegiatan itu.

“Terimah kasih kepada semua pihak yang sudah turut ambil bagian dalam kegiatan ini, Selamat berlomba,” tutur Hartoyo, di Aula BAAKPSI Lama Undana, Senin 11 November 2019.

Kegiatan itu (CCF), lanjut Hartoyo Yudhawardana, rutin di gelar setiap Tahunnya, dan melibatkan semua sekolah SMP yang ada di NTT. Ia (Hartoyo) berharap, Tahun ini semua Sekolah yang berhasil lolos ke Tahapan 32 besar dapat berlomba dengan baik.

“Kegiatan ini rutin Mahasiswa kami gelar, dan pada Tahun ini banyak inovasi di buat, sehingga lebih ketat. Peserta harus manfaatkan kegiatan ini dengan baik untuk berlomba, siapa pun yang juara nanti itu berkat;” pungkas Hartoyo.

Ketua Panitia Cerdas Cermat Fisika IX Fkip Undana Erwin A.G Mau Kepada Zonalinenews meyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk membangun semangat bersaing secara sportifitas bagi generasi muda Indonesia sejak Dini .

“Ya..tujuannya mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis dan cermat bagi Siswa-siswa di Indonesia secara umum dan NTT pada Khususnya,” terang mahasiswa Fisika Semestar VII itu, Erwin.

Kegiatan CCF, tutur Erwin sudah di persiapkan satu bulan sebelum, mulai dari tahap seleksi ditiap kabupaten kota, hingga hari itu (11/11) kegiatan digelar.

“Kami sudah persiapkan kegiatan ini sejak bulan lalu, Ya.. Syukurlah dengan Swadaya Mahasiswa kami terus berkontribusi bagi pendidikan di Indonesia dan NTT secara Khusus,” kata Erwin.

Selain cerdas cermat fisika, Erwin menambakan mereka (Panitia) akan lakukan bersama siswa-siswi meneropong benda-benda langit, dan study tour ke toko-toko buku dan museum di kota Kupang.

“Setelah CCF ini, kami ada agenda tambahan yaitu teropong benda-benda langit bersama siswa-siswi, study tour ke Gramedia, dan ke Museum,” papar Erwin Mau.

Peserta CCF tiap Kabupaten di luar kota kupang, tamba Erwin, sementara ditampung Panitia di Rusunawa Undana. Jadwal CCF IX, Tanggal 25 Oktober 2019 Seleksi di tiap kabupaten Kota, 28 Oktober 2019 pengumuman babak pengisian, Tanggal 12-13 November Babak 32 besar, tanggal 14 Babak 16 besar, tanggal 15 November babak 8 besar, tanggal 16 November Final.

“Peserta Kami siapkan tempat nginap di Rusunawa Undana. Beberapa hari kedepan ini babak pengisian dan Sabtu nanti Final, “tutup Erwin.

Ketua Kelompok Studi Fisika Yohanes Oa Yona, dalam sambutannya menyampaikan, salah satu krisis yang tengah melanda negara ini adalah krisis pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari hasil akhir ujian Nasional siswa di NTT yang hampir merosot.

“Ini yang kemudian menjadi dasar pijakan Kelompok Studi Fisika (KSF) terus bekali siswa-siswa sejak dini dengan Ilmu pengetahuan yang ada. Merosotnya hasil ujian akhir siswa, ini salah satu dasar yang kemudian mengugah kami untuk terus bekali siswa-siswi sejak dini. Puji syukur CCF sudah yang Ke IX,” pungkas Yohanes.

Sementara Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fkip Undana Yeter Tety kepada Awak Media menjelaskan, selain untuk berkompensi, lebih dari itu siswa siswi juga diajar mencintai pelajaran Fisika dan menjadi pribadi yang siap mnyambut masa depan.

“Apresiasi untuk CCF yang ke IX, jangkauannya sangat luas. Saya yakin kepribadian anak-anak akan terbentuk dengan baik,” ucap Yeter.

Dari Aspek Tanggung Jawab, Yeter menerangkan, Fkip Fisika Undana telah berikan kontribusi bagi Dunia Pendidikan dengan  mengelar kegiatan ini.

“Di Fkip Mipa itu ada Cerdas Cermat Biologi (CCB), Cerdas Cermat Matematika (CCM), Cerdas Cermat Kimia (CCK) Dan Cerdas Cermat Fisika (CCF). Semua Prodi Gelar kegiatan seperti ini, namum CCF dan CCK jangkauannya lebih luas. Na… ini patut kita Apresiasi buat kerja kawan-kawan Mahasiswa,” pungkas Yeter, mengapresiasi KSF.

Robinson Mone, S.Pd. Guru pendamping siswa SMP Negeri 1 Sabu Barat dan SMP terbuka Sabu Barat mengatakan kepada Zonalinenews, mengatakan mereka optimis menang, walapun persiapannya hanya Dua Minggu.

“Persiapan kami 2 minggu, mepet sekali. Dalam persiapan anak-anak tidak ikut belajar di kelas mereka hanya di laboratorium dari pagi sampai siang kerja soal dan bikin simulasi. Kami optimis menang. Walau kelas 7 dan 8 yang datang,” pungkas Roby.

Agustina Selfi Erina, S.Pd. guru pendamping siswa SMPK St. Ursula Kabupaten Ende, saat ditemui awak media menyatakan pengetahuan anak didiknya baik, tapi mereka baru pertama ikut, semoga mereka bisa berhasil.

“Saya tahu anak didik saya punya pengalaman baik, tapi ini pertama kalinya mereka berlomba di tingkat provinsi. Kadang pengetahuan bagus tapi pengalaman jadi kendala. Kita lihat saja nanti. Mereka pasti bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di NTT,”jelasnya didampingi tiga orang siswanya Victoria Anabara, Ekarista S.K Sempak, dan Fransiska C.L.H Fernandes di Aula BAAKPSI Undana.

Margarita Lauta. Guru pendamping siswa SMPK Jibrael Kalabahi Alor, kepada wartawan menyampaikan, CCF itu merupakan ajang yang menarik yang dibuat Mahasiswa, mereka hadir dengan persiapan yang bagus selama Dua minggu.

“Kita ini persiapan untuk anak-anak dari siang sampe sore selama Dua minggu. Keras. Romo lagi jadi, keras yang enak punya. Ini kegiatan bagus, supaya anak-anak bisa aktif belajar ko dorang mengerti. Tapi banyak sekolah jadi ini tantangan, kita mau bilang menang juga nanti salah-salah. Kita lihat nanti lah Om (Wartawan),” ucap Margarita, Guru Pendamping SMPK Jibrael Kalabahi Kepada Zonalinenews di Undana.

Informasi yang berhasil di rilis Zonalinenews, tim dari 21 Kota Kabupatan Se-NTT yang ikut berlomba antara lain:

1. SMPK ST. Theresia Tim A Kota Kupang
2. SMPK  ST.  Theresia Tim B Kota Kupang
3. SMP Kasih  Karunia Tim B Kab. Kupang
4. SMPK  Sint  Vianey  Soe Tim C TTS
5. SMPK Putra  ST. Xaverius TTU
6. SMPK Sulama Kada Tim B Malaka.

7. SMP N 2 Atambua Tim B Belu
8. SMP N 2 Lobalain Rote Ndao
9. SMP Terbuka Sabu Barat
10. SMP N 2 Waingapu Sumba Timur
11. SMP N 1 Waibalul Tim A Sumba Tengah
12. SMPK ST. Josef Freinademetz Sumba Barat Daya

13. SMP Kristen Waikabubak Tim A Sumba Barat
14. SMPK Immaculata Ruteng Manggarai Tengah.
15. SMP N 1 Borong Tim A Manggarai Timur
16. SMP SK Kota Goa Nagakeo
17. SMP N 2 Bajawa Tim A Ngada.

18. SMP ST. Ursula Tim A Ende
19. SMP Santissima Tim A Trinita Hokeng Flotim
20. SMP N 4 Nubatukan Lembata
21. SMP N 1 Maumere Sikka
22. SMP N Kalabahi Alor
23. SMP K Citra Bangsa Tim B Kota Kupang
24. SMPK Jibrael Kalabahi Tim A Alor.

25. MTS N 2 Alor
26. MTS N Kota Kupang Tim A
27. SMP N 2 Kupang TIM C
28. SMPK ST. Theresian Tim C Kota Kupang
29. SMP N 1 Sabu Barat Sabu Raijua
30. SMP N 1 Langke Rembong Manggarai Tengah
31. SMP Dian Harapan Kota Kupang 
32. SMP N 8 Wewewa Tim A Sumba Barat Daya.(*Erson)