MAN Kalabahi Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H


Zonalinenews – Kalabahi – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kalabahi menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, Sabtu 19 Nopember 2019 pagi. Tema yang diusung dalam perayaan kali ini Generasi Hebat Yang Meneladani Akhlak Rasulullah.

Raspa Abdullah dalam penyampaian hikmah Maulid mengatakan paling tidak ada 3 point penting sebagai warga madrasah (sekolah) sebagai jalan untuk meneladani Nabi SAW.

“Yang pertama, berbakti kepada kedua orang tua. Kedua, memiliki rasa malu dan yang ketiga, takut mati meninggalkan hutang,” ucapnya.

Raspa menjelaskan, sebagai anak yang terlahir yatim dan dalam beberapa tahun ke depan menjadi piatu, Rasulullah tidak hilang semangatnya untuk berbakti kepada kedua orang tua.

“Dalam salah satu haditsnya, Beliau berpesan untuk berbakti kepada kedua orang tua agar kelak, anak-anak kita berbakti kepada kita,”ungkap dosen STIKIP Muhammadiyah Alor ini.

Lanjutnya, malu harus sebagai bagian dari keimanan, sebab ketika ingin menjadi generasi hebat, maka haruslah menjadi generasi yang memiliki rasa malu.

“Malu ketika datang sekolah paling lambat, pulang paling cepat. Malu ketika tidak berprestasi, malu ketika sering bermasalah dan dipanggil oleh Guru BP, malu ketika berprilaku buruk di tengah masyarakat,” ujarnya.

Raspa Abdullah menambahkan, setiap mahkluk akan mengalami kematian, maka maka segalanya dipersiapkan untuk menjemput kematian.

“Jangan sampai kita meninggal dunia dalam keadaan berhutang. Nabi sendiri bahkan menanyakan kepada para sahabatnya, jangan sampai ada hutang yang belum terselesaikan olehnya karena sebentar lagi beliau akan meninggal dunia,” bebernya.

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan Kadarusman Noor dalam sambutannya menyampaikan, program sekolah dalam perayaan hari besar agama seperti Maulid Nabi sangat penting.

“Rasulullah SAW adalah contoh tauladan yang baik untuk kita semua,” kata Kadarusman.

Menurutnya, Rasulullah merupakan sosok pemimpin yang perlu dibanggakan karena memberikan suri tauladan yang baik untuk diterapkan dalam setiap sendi kehidupan.

Sementara ketua panitia Nadia Ridwan berharap, dengan kegiatan ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh siswa.

“Motivasinya agar generasi mendatang lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat mendalami ilmu Islam. Inspirasinya adalah kepada seluruh umat Islam khususnya generasi muda terus meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontohi pribadi Rasulullah SAW,” tandas Nadia. (*Pepenk)