Penetapan AKD DPRD Kabupaten Kupang diakhiri dengan Skorsing


Zonalinenews.com – Oelamaai,- Sidang Penetapan AKD yang harusnya berjalan dengan lancar dan terbuka untuk umum dan tidak harus waktu lama penetapannya, malah menjadi sulit diputuskan oleh pimpinan Difinitif Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas Selasa 13 November 2019m

Hal ini disebabkan karena terjadi Silang Pendapat, karena nama-nama Pimpinan Fraksi Gabungan yang ditetapkan berdasarkan Paripurna lalu terindikasi berubah saatvdibacakan Sekwan pada sidang Penetapan.

Forum kembali membenturkan surat edaran kemendagri tanpa nomor (alias Penjelasan)yang muncul mengikuti Keputusan Paripurna Pembentukan Fraksi dengan nama-nama yang telah didifinitifkan kala itu.

Entah benar atau bukan yang pasti surat edaran dimaksud itu dianggap bertentangan dengan keputusan Paripurna terkait tuntasnya AKD.

Ketua DPRD yang mengatur rambu Pendapat Forum kemarin pun justru dibuat kebinggungan dalam dinamika forum. Sehingga Ketua Dewan dibuat Kabur berpikir untuk menentukan keputusan tegas atas giringan silang pendapat mengenai kekuatan hukum pada keputusan paripurna atau kekuatan hukum surat edaran di Forum itu

“Saya Bingung kalau Satu dan Dua Fraksi tidak setuju dan berbeda maka saya akan Skorsing saja. Kalau interupsi diatas interupsi terus maka saya tidak akan mengambil keputusan biar kita sampai pagi,” ungkap Taimenas.

Akibat munculnya surat edaran tanpa nomor itu telah berdampak sidang untuk rakyat menjadi tertunda dengan diketuknya Palu Skorsing oleh ketua DPRD dan di mulai hari jam 10.00 Wita.

Pantauan media ini, surat edaran menjadi dinamika pada rapat forum, tetapi anehnya Sekwan yang membacakan Surat edaran itu tidak memuatkan Nomor dan tahun surat edaran. Malah Sekwan membacakan penjelasannya semata katanya itu hanya penjelasan dari surat edaran, dan hal ini justru memprovokasi dinamika menjadi panjang serimoninya dan diakhiri dengan skorsing dan sedang berjalan hari ini.(* Paulino)