Pengembangan Faspel Ba’a Berjalan Lancar, Progres Capai 87,83 Pesen


Zonalinenews.Com-Ba’a,- Utuk menunjang dan mendukung sektor kemaritiman yaitu transportasi laut wilayah timur khususnya wilayah terselatan NKRI (Pulau Rote) melalui program Tol Laut telah mendapat perhatian prioritas pengembangan Dermaga pelabuhan Ba’a dengan menggunakan anggaran APBN,Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.17.534.047.442,36.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Leonard Ndolu, SH )kepada zonalinenews.Com Selasa 19/11/2019.Pukul 13:00 WITA
Menurut Ndolu, sebagai penjabat Pembuat Komitmen, dirinya bertanggung jawab atas proses pengembangan pekerjaan fasilitas Pelabuhan Ba’a dan dalam pengawasan pihak(TP4D) atau Tim Pengawal dan Pengaman Pembangunan Daerah dari Kejaksaan Tinggi Negeri I Kupang.

Dirinya menjelaskan,bahwa pelabuhan laut Ba’a sebagai salah satu pelabuhan singgah Tol Laut membutuhkan pengembangan pelabuhan penunjang,agar dapat memperlancar kegiatan Tol Laut rute T13.

“Pekerjaan ini dikawal Tim TP4D,progres sampai dengan saat ini,tanggal 15 November 2019 kemarin,realisasinya sudah mencapai 87,83 persen,”ungkapnya.

Lanjutnya, kendala yang dihadapi dalam pekerjaan tersebut yaitu,pasang surutnya air laut,mobilisasi batu pecah dari Kupang serta dalam pekaksanaan kegiatan pekerjaan pengembangan Dermaga Ba’a, tetap adanya kegiatan operasional bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan Ba’a berjalan seperti biasa.
Ditambahkannya,material pekerjaan didatangkan dari pulau jawa(pasir)sedangkan batu pecah di datangkan dari kupang,yang sebelumnya sudah dilaksanakan hasil uji Lap (Laboratorium)dan dinyatakan layak dan sudah mendapatkan hasil Lap.

Untuk diketahui proyek:Pekerjaan Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Laut Ba’a, Lokasi,jalan Pelabuhan No.1 Ba’a Rote,Kontraktor, PT Garuda Abadi Jaya-PT Wijaya Inti Nusa Sentosa.

Konsultan Pengawas CV.Nuansa Karya Internasional,waktu Pelaksanaan 175 hari kelender,Tahun Anggaran 2019, dalam pelaksanaan pekerjaan pengembangan fasilitas pelabuhan Ba’a tidak terlepas dari pengawasan langsung Kepala Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Ba’a Wilibrodus Thaal,Penjabat Pembuat Komitmen Leonard Ndolu, Konsultan Pengawas Antonius S.Mukin,ST serta kontraktor Pelaksana Vrando Puturuhu,ST.
Sesuai pantauan zonalinenews.Com pekerjaan sementara berjalan dan diyakini akan selesai tepat waktu.(*Tony)