Peringati Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional ini yang di lakukan Kodim Ngada


Zonalinenews, Bajawa – Kodim 1625/Ngada melaksanakan bakti sosial pembersihan sumber mata air dalam rangka Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional dilokasi Bendungan Betowaso yang merupakan sumber mata air bagi masyarakat Kota Bajawa dan sekitarnya yang terletak di Desa Bogenga, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Minggu (10/11/2019).

Informasi yang didapat media ini dari Pasit Kodim 1625/Ngada Daniel S bahwa Kegiatan pembersihan sumber mata air tersebut dilakukan oleh anggota Kodim 1625/Ngada bersama Bajawa Trail Community (BTC) dipimpin langsung oleh Dandim 1625/Ngada Letkol Inf I Made Putra Suartawan, sambil melaksanakan kegiatan rekreasi penyaluran hobby “ngetrail” yang secara rutin dilaksanakan.

Inisiatif kegiatan tersebut muncul saat Tim Trail melintasi Bendungan tersebut, terdorong oleh rasa prihatin dengan kondisi sumber mata air tersebut dan juga sebagai wujud kepedulian Kodim 1625/Ngada bersama Bajawa Trail Community terhadap kelestarian lingkungan.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial membersihkan sumber mata air tersebut, telah menunjukkan bahwa Bajawa Trail Community bukan komunitas yang ugal-ugalan dan bukan komunitas “sponsorship”, terutama semakin dekatnya tahun 2020 yang merupakan tahun politik di Kabupaten Ngada.

Disela sela kegiatan tersebut, tidak lupa diselipkan pesan-pesan kepada masyarakat sekitar yang ikut membantu tentang arti penting sumber air bagi sendi sendi kehidupan yang juga merupakan aset vital, sehingga dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap setiap orang untuk ikut menjaga dan merawat kelestarian lingkungannya. “Meski kemarau panjang, disini tidak akan kekeringan, untuk itu kita wajib membersihkan mata air kita agar tetap lestari, “tegasnya. (*Pendim Ngada/saver Bhula)