Petronela Jatuh cinta, di Metamatika Berkreasi FKIP Undana


Zonalinenews-Kupang,’ “Beta (Saya) jatuh cinta, ” Ungkap Jetri Petronela Tefa, gadis manis berdarah Timor itu dihadapan ratusan Mahasiswa, alumni serta Dosen dalam kegiatan Matematika berkreasi, di Aula BAAKPSI Undana.

Jetri Petronela Tefa, Mahasiswa yang baru menginjakan kakinya di bangku kulia itu, setelah bersama rekannya Jhon Kelamau menyanyikan lagu Cinta Karena Cinta milik Judika di pangung utama, menyampaikan, dirinya (Petronela) masuk kulia di matematika dan menjadi anggota KSMM itu melewati tahapan panjang.

“Perjuangan yang membuahkan hasil. Ternyata masuk di program studi matematika kami bukan pelajari angka-angka saja, tapi juga belajar mengenai kehidupan. Bumpah beta jatuh cinta dengan matematika,”Pungkas Petronela, disambut meriah ratusan masyarakat ilmia membuming Aula BAAKPSI Undana.

Matematika Berkreasi, tutur Petronela, sangat membantu dalam pembentukan karakter. “Disini kami juga diberi kesempatan untuk menampilkan bakat. Rasa memiliki seakan ada. Masuk disini (KSMM) benar-benar bentuk karakter,”Jelas Mahasiswa Petronela, alumni SMA N 5 kupang itu.

Ketua Panitia Jems Lima kepada Zonalinenews, menyampaikan, kegiatan itu bertujuan mempererat hubungan kekeluargaan antara Mahasiswa dan Dosen, Dosen dan Alumni, Mahasiswa dan Alumni serta sesama mahasiswa.

“Tujuan kegiatan ini semata-mata menjalin hubungan kekeluargaan antara Mahasiswa, Alumni dan Dosen. Apalagi kami di KSMM kedatangan Mahasiswa baru” ucap Jems.

Lanjut Jems Lima, berbagai jenis kegiatan digelar dalam kegiatan itu dengan tujuan mengembangkan kreativitas serta minat dan bakat mahasiswa pendidikan Matematika.

“Drama, Vocal Group, Solo, Duet, tarian, Dance, dan puisi yang sudah di persiapkan dari bulan Agustus. Hari ini Mahasiswa pentaskan. Kami juga gelar jalan santai sambil pungut sampah, dan donor darah bersama PMI Provinsi NTT,” kata Jems.

Jems Lima menambakan, upaya mempertahan budaya terus mereka lestarikan lewat kelompok study mahasiswa matematika, karena matematika itu seni. Ia (Jems) berharap, kegiatan itu terus ada selama bumi ini ada.

“Kami terus mempertahankan budaya, dan mengembangkan budaya di NTT. Kami ingin menyatakan bahwa matematika itu ada seni, dan tidak sulit. Saya harap kegiatan ini tidak hanya habis disini tapi bisa terus di pupuk dan subur sampai selamanya,” Jelas Jems saat jumpa pers, didampinggi rekan panitianya Melan Pidi.

Ketua KSMM Yohanis Putra Tama Kamuri, dalam sambutannya menyampaikan, selama ini kalau sebut Matematika pasti yang terlintas di kepala adalah angka. Maka melalui kegiatan ini persepsi orang tentang Matematika dibalik, bahwa matematika itu sebenarnya menyenangkan.

“Kegiatan Akbar dan meriah ini, Selain penyambutan mahasiswa baru, Ini juga Syukuran Dies Natalis Prodi Matematika Ke 51”Ucap Putra Tama.

Ditempat yang berbeda Ketua BEM FKIP Undana Yeter Tety ketika di konfirmasi Zonalinenews, menyampaikan, kerja keras KSMM merupakan sebuah konstribusi untuk terus meningkatkan nilai-nilai nasionalisme, dan semangat belajar demi membangun Indonesia menjadi lebih maju.

“Lewat momentum ini bukan hanya semata Pentas seni saja, tapi mempererat semua civitas akademika di Prodi Matematika yang merupakan sebuah kekuatan dan tonggak kemajuan prodi matematika demi bangsa Indonesia yang lebih baik,” Tegas Yeter Tety.

Ketua Program Study Matematika, Dra. Juliana Nenohai, M.Pd. sebelum membuka kegiatan itu (Matematika Berkreasi) menyampaikan, momentum itu menjadi proses pembelajaran mahasiswa.

“jangan mau kalah, jangan mau alasan tetapi terus mau berusaha untuk buat sesuatu yang baik dimata orang lain,”terangnya.

Juliana menambahkan, kreativitas mahasiswa perlu didorong terus untuk membentuk pribadi mereka kearah yang lebih baik, dan berbagai macam inovasi harus terus dibuat. “Belajar dari masa lalu, jalani hari ini, hadapi yang hari ini, persiapan untuk masa depan,”Tutur Yuliana, sembari membuka kegiatan itu dengan resmi.

Pantauan Zonalinenews, kegiatan matematika berkreasi, digelar Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Undana, yang tergabung dalam Kelompok Study Mahasiswa Matematika (KSMM), Sabtu 9 November 2019(*Erson)