Piala Raksasa Cerdas Cermat Fisika “Tutup Usia” di SMPK St. Theresia


Zonalinenews-Kupang. Setelah melewati proses panjang dari tahap seleksi, melaju ke babak 32 besar. Hari ini 16 November 2019, 4 tim dari Tiga SMP/MTs di Nusa Tenggara Timur (NTT) merebutkan juara Satu di pangung utama CCF IX, pukul 08:30-12:00 Wita.

Baca juga Zonalinenews: KSF Undana Lombakan Siswa SMP Se-NTT Di Cerdas Cermat Fisika IX.

Piala raksasa Cerdas Cermat Fisika (CCF) FKIP Undana itu, sudah bertahun-tahun diperebutkan siswa-siswi SMP Se-NTT sejak 2014, akhirnya Tahun 2019 tutup usia “Mati” di hadapan siswa-siswa SMP Katolik St. Theresia.

Awalnya CCF mengunakan piala bergilir sederhana, namun pada Tahun 2014 silam dibuatlah piala raksasa oleh panitia CCF saat itu, tingginya melebihi tinggi manusia dewasa.

Sebelumnya CCF Tahun 2014 SMP St Theresia juara Satu dan membawa pulang piala raksasa bergilir itu, Tahun 2015 NCIPS Kupang juara Satu dan piala itu diambil NCIPS Kupang, Tahun 2016 NCIPS Kupang juara satu lagi dan piala itu tetap di NCIPS Kupang, lanjut pada Tahun 2017 sampai 2019 berturut-turut Tiga Tahun SMPK St Theresia resmi menjadi juara Satu dan piala itu harus berakhir usianya di CCF. Tahun depan (2020) Panitia CCF siapkan piala raksasa yang baru.

Ketua panitia CCF IX, Erwin A.G. Mau dalam sambutannya, menyampaikan, terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga berakhirnya CCF IX dengan baik.

“Terimakasih kepada semua sekolah di NTT yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga ada hal positif yang dibawah pulang, selamat kepada tim yang juara, dan tetap berjuang kepada tim yang belum berhasil,” kata Erwin di Aula BAAKPSI Lama Undana usai berlomba.

Lanjut Erwin berterima kasih kepada Dosen, alumni, dan semua rekan-panitia yang telah bekerja keras, sukseskan CCF IX, “Terima kasih atas semua kebaikan hati dari dosen, alumni dan kawan-kawan panitia. Niat baik kita semua buahnya akan manis nanti” Pungkas Erwin, terharu.

Ditempat yang sama ketua umum KSF Yohanes Oa Yona, menyampaikan, salah satu krisis yang tengah melanda negara ini adalah krisis pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari hasil akhir ujian Nasional siswa di NTT yang hampir merosot.

“Merosotnya hasil ujian akhir siswa, ini salah satu dasar yang kemudian mengugah kami untuk terus bekali siswa-siswi sejak dini. Selamat kepada Tim yang juara, Terima kasih semua panitia, senior, alumni dan Dosen yang sudah berpartisipasi sukseskan kegiatan ini,” Sebut Yohanes.

Mewakili Ketua BEM FKIP Undana, Robinson Atte ditempat yang sama mengapresiasi raihan prestasi itu, Ia menyampaikan, sekolah swasta memang selalu berupaya mengembangkan diri, dengan berkompetisi di luar sekolah.

“Saya beri apresiasi kepada tim yang juara, segala proses telah terjadi, dan hari ini ada hasilnya. Selamat kepada tim yang juara, dan kepada yang belum juara tetap berusaha yang terbaik,” katanya.

SMPK St. Theresia, tutur Robinson, bisa dikatakan sekolah yang hebat. Sebab, sudah Tiga Tahun berturut-turut telah menorekan sejarah di CCF.

“Ini prestasi yang membanggakan, sudah tiga Tahun berturut-turut menjadi juara Satu. Ini Hebat. Teruslah giat berkiprah,”tutur Robinson, Mahasiswa FKIP Kimia Itu.

Lanjut Robinson mejelaskan, kampus pada dasarnya adalah tempat penyedia jasa advokasi mental, tempat pembinaan karakter, juga merupakan kontributor terbesar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kawan-kawan pendidikan Fisika (KSF) telah membuktikannya.

“Kampus adalah tempat paling nyaman dan tepat guna untuk mengasah kepribadian, harapan saya Prodi lain di Undana dapat mencontohi hal ini. Di FKIP ada CCM, CCK, CCF dan CCB. Tapi KSF kali ini buat beda, sebab di sela-sela CCF saya dengar ada Studi banding di Citra Bangsa, Study Tour di Museum, dan live gelar pertunjukan benda-benda langit. Ini Henbat,” jeles Robinson mengakhiri sambutannya.

Baca Juga Zonalinenews: Live KSF Pertunjukan Benda Langit Pada Siswa SMP, Peserta CCF IX.

Paulus Siwa Fernadez Guru pendamping Siswa SMPK St. Theresia saat jumpa pers menyampaikan, diri bangga dan senang anak bimbingannya bisa menorekan prestasi luar biasa.

“Jujur, saya lega. Dua Tahun sekolah kami telah juara dan kali ketiga ini menjadi tantangan besar. Syukur. Puji Tuhan kami bisa juara lagi” Pungkas Paulus Siwa Fernadez, berlinang air mata.

Maria Gabriella Tjung, siswa SMPK Theresia Tim juara, usai berlomba menyampaikan rasa bangganya, sebab bisa juara Satu. Mereka persiapan sangat ketat dan menyenangkan.

“Syukur kepada Tuhan, ini semua berkatnya. Kami bangga. Senang, itu yang terlintas dibenak kami. Kami di sekolah ada waktu khusus pada hari Sabtu, itu masing-masing siswa dengan bidangnya belajar. Jadi, KBM di kelas sampai hari jumat saja, itu yang membentuk kami.” Kata Maria Gabriella Tjung, diamini rekannya Marie Lydia Trista Bria Seran, dan Antonio Richard Wahi.

Ditempat yang sama, Nursakia Darajat Guru pendamping SMP Negeri 1 Maumere, kepada awak media menyampaikan, bahagianya walaupun datang dari daerah bisa sabet Juara 3.

“Kami persiapan Dua minggu. Waktu di luar Jam KBM itu yang kami pakai persiapan, dan tahap persiapan dari materi kelas VII-IX. Syukur, kami bisa juara 3. Panitia ini bagus, ramah, kita datang mereka urus dengan baik” Pungkas Nursakia, di dampingi Tiga orang siswanya Josua Djami Bale, Nikodemus, dan Urai Gibran.

Baca Juga Zonalinenews: Balasan Tim Siswa SMP Masuk 16 Besar Cerdas Cermat Fisika IX.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Hartoyo Yudhawardana, S.Si. M.Si. dalam sambutannya mengatakan, yang membuat bangga seluruh dosen dan panitia adalah team-team finalis berasal juga dari luar pulau Timor.

“Selama ini yang mendominasi Final CCF itu dari Kota Kupang, kali ini ada SMP N 1 Maumere juga. Semoga ini terus berlanjut.” ujar Hartoyo.

Dirinya (Hartoyo) berharap prestasi yang diukir oleh siswa-siswi, bisa menjadi semangat bagi team dari sekolah lain untuk turut berpartisipasi, dan prestasi tersebut bisa ditularkan bagi team-team lainnya.

“Harapan kami sekolah lain bisa ikut termotivasi dengan prestasi sekolah-sekolah ini, selamat kepada tim yang juara. Terima kasih Panitia. Terima kasih CCF”Sebut Hartoyo Yudawardaya sembari menutup dengan resmi kegiatan CCF IX.

Pantauan Zonalinenews, CCF Ke IX di Undana SMPK St Theresia Tim C mendapat Juara 4 dengan total hadiah piala tetap, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp. 5 Juta. SMP Negeri 1 Maumere mendapat juara 3 dengan total hadiah piala tetap, sertifikat dan uang tunai Rp. 5 Juta. SMP Dian Harapan Kupang mendapat Juara 2 dengan total hadiah piala tetap, sertifikat dan uang tunai sebesar 6 juta, sementara yang sabet juara Satu SMPK St Theresia Tim A dengan total hadiah Piala, sertifikat, dan uang tunai Rp.8 Juta.(*Erson)