Plt Sekda Tak Tau Sistim Perekrutan dan Jumlah PTT Baru, Tanya Saja ke BKPPD


Elly Wairata. ( Sumber Foto Website Pemkot

Zonalinenews -Kupang,- Plt Sekertatis Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Kupang, Elly Wairata tidak mengetahui secara jelas soal jumlah dan sistim perekrutan Pegawai Tidak Tetap ( PTT) pada lingkup pemerintah Kota Kupang.

” Soal itu saya tidak tau, tanya saja ke Kepala BKPPD, yang tau jelas ,” tutur Elly Wairata ketika dikonfemasi Zonalinenews Jumat 8 November 2019 pukul 10.00 WITA di Balai Kota Kupang, terkait perekrutan PTT baru lingkup pemerintah Kota Kupang.

Menurutnya soal jumlah dirinya tidak mengetahui secara pasti, namun dirinya mengakui sempat menandatangani beberapa berkas terkait PTT.

” Berapa jumlahnya datanya itu ada di Kepala BKPPD, coba tanya saja ke Beliau,” ungkap Wairata.

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kupang, ketika dikonfermasi terkait jumlah PTT baru yang saat ini berada di instansi itu, ia menjelaskan untuk Dinasnya saat ini yang masuk berjumlah 5 orang PTT.

” 5 PTT di Dinasnya itu adalah pengalihan dari Bagian Umum Setda Kota Kupang, “kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Kupang, Mesakh R Bailaen ketika dikonfermasi Zonalinenews di Kawasan jalan El Tari Kupang saat aksi kerja bakti pengecatan trotoar, pukul 09.00 WITA.

Terkait pernyataan Kepala Damkar Kota Kupang soal pengalihan 5 PTT dari bagian umum, Kepala Bagian Umum Setda Kota Kupang Joni Bire di konfermasi via WhatApp.

” Siang kaka bt mau konfermasi, tadi pagi bt wawancara Kadis pemadam kebakaran Kota Kupang , bt tanya soal 5 ptt baru di Damkar apakah PTT baru masuk ko, beliu jawab bahwa ptt itu merupakan peralihan dari Bagian Umum …? Minta komentar kaka apa betul itu peralihan 5 PTT di Damkar itu dari Bagian Umum …?,” tanya Zonalinenews via WA.

Mendapati pertanyaan itu, Kepala Bagian Umum Kota Kupang, Joni Bire menyampaikan bahwa soal itu dirinya tidak mengetahui, tanya saja di BKPPD.

” Siang om, kk tanya di BKPPD sa, krn b snd tahu om,” balas Wa Kabag Umum Setda Kota Kupang kepada Zonalinenews.

Kepala Bagian Humas dan Informasi Sekretariat Daerah Kota Kupang, Yanuar Dally, ketika dikonfermasi di Balaikota Pukul 10.20 WITA terkait PTT baru di Dinasnya. Ia menjelaskan untuk PTT baru di instansinya berjumlah 6 orang.

” Untuk PTT baru berjumlah 6 orang. Memang untuk Humas, kami mengajukan penambahan 8-10 orang tenaga PTT, yang kami dapat 6 PTT, tapi syukurlah sudah membantu sehingga pekerjaan kami terbantu,” tuturnya.

Sebelelumnya terkait jumlah PTT baru dilingkup Pemerintah Kota Kupang ,
Sekertaris BKPPD Kota Kupang, Henny Lukas Rabu 6 November 2019 menjelaskan jumlah PTT kurang lebih sebanyak 240 orang lebih yang masuk saat ini mengantikan PTT yang sudah lulus menjadi PNS, bahkan tidak mau melanjutkan menjadi PTT.

” 240 itu mengantikan PTT yang tidak mau bekerja lagi ,” ungkap Henny Lukas kepada watawan di ruang kerjanya.

Ketika ditanya apakah 240 itu masuk mengikuti tes seperti yang telah dilakukan oleh pemkot saat melakukan tes bagi PTT.

” itu tidak karena posisi berkas PTT masuk ini, mengantikan PTT yang telah jadi PNS dan yang tidak mau menjadi PTT lagi ,” tutur Henny.

Ketika ditanya.Zonalinenews apa betul berkas PTT yang baru masuk sudah antri lama untuk menganti PTT yang tidak aktif lagi, yang Zonalinenews ketahui bahwa ada PTT yang baru tamat SMA juga sudah diterima.

Mendapati jawaban itu, Henny Lukas menanyakan ke Zoanlinenews apakah bapa punya data.

” Saya punya data , tadi saya lihat sendiri di Pol. PP anak baru tamat SMA memasukan berkas untuk berkerja di Satuan Pol PP ,” jelas Zonalinenews.

Pada kesempatan itu wartawan menanyakan ke Sekertaris BKPPD Kota Kupang Henny Lukas, terkait 240 lebih PTT tersebut penyebarannya di instansinya mana saja.

” Soal itu saya kurang tau pasti , nanti saya tanya ke Kepala Bidang yang menginput data itu,” tutur Henny Lukas. (* tim)