Polisi Berhak Tilang Pengendara yang Tidak Bayar Pajak


Zonalinenwes, Bajawa – Operasi Zebra Tahun 2019 terus berjalan hingga tanggal 14 November mendatang di Wilayah Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Seperti yang dikabarkan media ini sebelumnya, Sasaran prioritas operasi zebra Tahun 2019 antara lain:

“Pengemudi menggunakan handphone; pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor, berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur; pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan”.

Dalam operasi zebra ini, Polisi berhak tilang pengendara yang tidak membayar pajak. Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Ngada, Aulia Robby Kartika Putra, SIK dalam jumpa pers bertempat Aula Polres Ngada. Kamis, 07/ 11/ 2019. Pukul, 11.00 WITA.

“UU nomor 2 Tahun 2009, dijelaskan bahwa setiap kendaraan harus dilengkapi STNK yang sah. Misalnya, STNK masa berlaku Tahun 2020, perpanjangan STNK dilakukan setiap 5 tahun. Sementara pengesahan dilakukan setiap tahun. Jadi, apabila tidak membayar pajak, maka di Kolom pengesahan STNK tidak terdapat cap. Apabila tidak membayar pajak maka STNK tersebut tidak sah,” ungkap Kasat Lantas Polres Ngada.

Tambahnya, Sat. Lantas Polres Ngada akan lakukan Operasi Zebra diseputaran Kota Bajawa dengan waktu sore dan malam.” Selama ini, kami hanya lakukan operasi diwaktu pagi dan siang hari saja,”ucapnya. ( Saver Bhula)