Sarjana jadi Petani Muda yang Sukses, Kini Jadi Inspiratif Kaum Muda


Sejumlah kaum muda Mengeruda, sedang panen bawang merah

Zonalinenews, Bajawa – Pemuda sukses jadi petani lulusan Manejemen Perhotelan STIM Dhyana Pura Badung-Bali 2007-2011, kini menjadi inspiratif bagi kaum muda.

Hidup di zaman milenial sekarang ini, banyak generasi muda lebih memilih untuk bekerja di perkantoran atau pun terjun ke industri digital lainnya.

Menjadi seorang pegawai kantoran dianggap memiliki daya tarik sendiri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dunia pertanian pun jarang dilirik oleh generasi muda sebab sering dianggap tidak “gaul” dan terkesan kampungan.

Hal ini berbeda dengan pria kelahiran Ruteng, 02 Desember 1987 Henry Christopher T. Alvares Roga mengatakan bahwa ini adalah panggilan.

“Ini merupakan keinginan saya masuk dalam dunia pertanian. Karena saya lihat banyak potensi didunia pertanian yang selama ini dibiarkan. Padahal lahan sudah sangat menjamin sehingga membutuhkan kreatif dari kaum muda”.

Menurutnya, “pemuda haruslah kreatif, memiliki semangat yang tinggi dan mempunyai misi dalam perjuangan hidup”.

“Motivasi saya bukan uang dan bukan makan. Motivasi saya adalah hidup. Kalau hidup butuh saling menghidupkaan. Dalam arti tanah, air, tanaman, hewan dan manusia harus bahagia”. Ungkap Henry.

Pantauan wartawan ini diwilayah sungai Waewutu, Desa Mengeruda, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, terlihat sejumlah kaum muda sedang panen bawang merah.

“Panen bawang di musim kemarau ini karena kami menggunakan Pompa Barsha teknologi yang memompa air dari kali ke lahan yang selama ini tidak dikerja”.

Emanuel Wesa perwakilan Dinas Pertanian yang bertugas di Mengeruda Mengatakan hasil Panen kali ini memang sangat luar biasa Karena kami mengunakan pupuk organik cair dan pompa air dari kali yang berada dipinggir lahan ini. (*TIM)