103 Persen Capaian Progres Pendapatan BAPENDA TTS di Akhir Nopember 2019


Zonalinenews-SoE,- Penghargaan dilakukan sebagai bentuk motivasi atas kinerja yang dilakukan baik itu di internal Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) maupun kepada camat dan desa atau lurah berkaitan dengan keberhasilan atas keseriusan penanganan wajib pajak masyarakat seperti yang dilakukan saat ini, senin 2 desember 2019. Demikian diungkapkan Kepala BAPENDA, TTS Aba L. Anie. SH.M.Si, disela-sela penmberian penghargaan dan penyematan cindera mata bagi ASN purna tugas di lingkup Bapenda TTS.

” 6 orang ASN dilingkup Bapenda TTS, 6 Orang Camat serta 6 orang desa/lurah berdasarkan SK bupati yang diberi penghargaan sebagai apresiasi dan bentuk motivasi, bukan hanya hukuman disiplin bagi ASN yang bermasalah dalam penagihan pajak,” jelasnya.

Menurut Aba, 8.7 Miliar untuk tahun 2019 atau sekitar 103% tentunya sudah melampaui batas, dan komitmen Dispenda TTS setiap tahun harus berusaha untuk menaikan 1 Miliar pendapatan dan harus kerja untuk mencari sumber sumber baru termasuk kos-kosan.

Dikatakan Aba, Kos-kosan yang sudah diperdakan dan penyesuaian retribusi sewa kios 207 rupiah per meter persegi per hari pada waktu lalu, saat ini dinaikan menjadi 250 rupiah per meter per persegi per hari. Guna pencapaian target dan disesuaikan dengan perkembangan dan tanggung jawab dalam membangun daerah ini. Kata Kaban Bapenda TTS.

” Dan tak kalah pentingnya juga adalah diterapkan ambang batas bawah khusus untuk rumah makan. Kalau dulu 7500 rupiah, maka sekarang dinaikan menjadi 10 ribu rupiah. Dan ini tentunya berdasarkan kajian berkeadilan bagi pajak rumah makan 10% dari penerimaan bersih. Walaupun memang ada keluhan dari konsumen ketika ini diterapkan, namun semua itu hanya karena belum terbiasa saja,” ujarnya.

Bayar pajak menjadi kewajiban sehingga harusnya bersyukur pula karena kita berada didaerah yang aman, kondusif dalam melakukan aktifitas sehingga kalaupun target PAD Bapenda adalah Rp 8.634.874.276. Namun realisasi dan capaian diakhir bulan nopember saja sudah Rp. 8.937.798.788. Per tanggal 29 Nopember 2019

” Kalaupun tahun lalu terlampaui target sebesar 1.6 miliar dan saat ini Bapenda TTS optimis masih ada waktu satu bulan untuk bisa mencapai PBB pedesaan 102.27% dan PBB Perkotaan 85.06% dan target minimal diakhir tahun 2019 harus mencapai minimal 92%.,” tutup Aba Anie, Kaban Bapenda TTS. (*Elli)