Lurah Mantasi Mengaku Tak Menandatangani Surat Pernyataan Cayan Poeh


Lurah Mantasi, Fransiskus Arkiang ( Foto Istemewa)

Zonalinenews – Kupang , Lurah Mantasi Kecamatan Alak Kota Kupang Propinsi NTT, Frasiskus Arkian kepada Zonalinenews Kamis 12 Desember 2019 pukul 12 .30 WITA di Balai Kota Ketika ditanya Zonalinenews terkait dengan surat pernyataan yang menyatakan bahwa Cayan Magdalena Henderwantri Poeh, warga RT 07 RW 03, belum menikah dan surat tersebut dikeluarkan kelurahan Mantasi untuk proses lamaran pekerjaan di Bank NTT, Frasiskus menjelaskan bahwa dirinya tidak menandatangani surat tersebut.

” Saya tidak menandatangani surat tersebut, surat tersebut saya tidak tau , karena tidak ada arsip dan tidak tercatat dalam buku registrasi Kelurahan ;” tutur Frasiskus.

Ketika ditanya siapa yang mengeluarkan surat pernyataan belum menikah Cayan Magdalena Henderwantri Poeh , Lurah Mantasi menjelaskan bahwa dirinya tidak mengetahui.

Ketika Zonalinenews menegaskan bahwa dalam surat pernyataan yang bersangkutan terdapat cap Kelurahan Mantasi yang menyatakan bahwa Cayan Poeh belum menikah

Lurah Mantasi Arkian menegaskan dirinya tidak tau namun setelah berita ini viral keesokan harinya, dirinya melakukan pengecekan ke kantor dan ternyata tidak ada dalam arsip dan setelah ditelusuri baru dirinya mengetahui.

” Yang menandatangani surat tersebut adalah Pak Kasie ( Kepala seksi), tanpa ada surat pengantar dari RT setempat,” jelas Frasiskus Arkian.

Ketika ditanya Zonalinenews sanksi apa yang akan dikenakan kepada Kasie yang telah membuat surat pernyataan yang tidak sesuai.

Frasiskus menegaskan bahwa yang bersangkutan akan diberi sanksi berupa surat peringatan.

Ketika ditanya mekanisme pembuatan surat keterangan, Lurah Mantasi menjelaskan yang pertama harus ada surat pengantar dari RT, yang kedua surat tersebut harus tercatat dalam registrasi buku besar, dan yang ketiga harus ada arsip.

” Ini surat pengantar dari RT tidak ada, tidak tercatat dalam buku besar dan tidak ada arsip maka saya tidak tau mengenai surat itu,” tutup Fransiakus Arkian.

Sementara Bank NTT mengucapkan terima kasih atas informasi media atas lolosnya Cayan Magdalena Henderwantri Poeh dalam seleksi.

Saat ini PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur ( NTT) masih melakukan proses seleksi berkas bagi para calon karyawan Bank NTT.

” Untuk tahapan seleksi berkas lamaran dengan keterbatasan waktu panitia harus menyeleksi 2 ribu berkas administrasi para pelamar berupa ijazah , surat keterangan belum menikah yang ditanda tangani oleh pelamar diatas materai dan surat Keterangan dari Lurah yang menyatakan bahwa pelamar belum menikah,” kata Kepala Divisi Manajemen Resiko Bank NTT, Louis K Gonsales Atie didampingi Dirut Bank NTT, Izhak Eduard Rihi saat menggelar jumpa Selasa (10/12/ 2019).

Menurut Louis , berkas Pelamar atas nama Cayan Magdalena Henderwanti Poeh dengan nomor test KPG-0187, asal berkas Kantor Pusat dan wilayah test Kota Kupang dalam berkas lamaran surat pernyataan dan keterangan lurah menyatakan yang bersangkutan masih single.

Sementara itu, Kamis ( 12/12/2019) pukul 10 15 WITA , ketika Zonalinenews mendatangi warga RT 07 Kelurahan Mantasi untuk mengetahui kediaman Rumah Cayan Poeh , oleh warga setempat yang tidak mau namanya dipublikasikan menjelaskan bahwa yang bersangkutan bersama anak dan suaminya tidak disini.

” Yang bersangkutan saat ini bersama suami mungkin di rumah Bakunase atau rumah Tarus Kabupaten Kupang,” tuturnya.

Hingga berita ini dipublikasikan Cayan Magdalena Henderwantri Poeh belum berhasil dikonfirmasi terkait dengan surat keterangan dirinya belum menikah.(* tim)