RSU. Siloam Kupang Gunakan Metode ESWL Untuk Penanganan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Foto : dr. Ahli Ahli Urologi, RS. Siloam Kupang, Erick Hutauruk Saat Membawa Materi Pada Acara Media Gethering Di RSU. Siloam Kupang.

Foto : dr. Ahli Ahli Urologi, RS. Siloam Kupang, Erick Hutauruk Saat Membawa Materi Pada Acara Media Gethering Di RSU. Siloam Kupang.

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Tingginya anggka kasus penyakit batu ginjal di Nusa Tenggara Timur (NTT) Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam Kupang gunakan Metode Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) untuk penanganan batu ginjal tanpa pembedahan. Hal ini diungkapkan dr. Ahli Urologi RS. Siloam, Erick Hutauruk saat membawa materi pada acara Media Gethering  dengan tema penanganan batu ginjal tanpa pembedahan dengan ESWL di RSU. Siloam Kupang, Rabu 4 Desember 2019.

Dia mengatakan, air yang sering dikonsumsi masyarakat di NTT zat kapur sangat tinggi, sehingga penaganan pasien batu ginjal di RSU. Siloam Kupang menembus angka 30 persen perhari.

Menurut dia, RSU. Siloam Kupang adalah salah satu RS pertama yang di NTT yang mengunakan metode ESWL untuk penanganan  penyakit batu ginjal tanpa pembedahan atau operasi. “Yang mengunakan metode ESWL untuk penaganan batu ginjal tanpa bedah ini di NTT baru ada di RSU. Siloam saja,” kata Erick.

Dia mejelaskan, metode ESWL adalah cara penghancur batu ginjal dengan mengunakan laser. “Pola hidup konsumsi air oleh masyarakat dan karakteristik tanah di wilayah NTT tergolong pada tingkat tidak layak. Sehingga menjadi penyebab banyak pasien batu ginjal yang berobat di RSU. Siloam Kupang,” ungkap Erick.

Dia juga menambahkan, dengan adanya metode ESWL yang digunakan RSU. Siloam ini, pasien penderita penyakit ginjal di NTT sekarang tidak perlu takut lagi. Sebab, metode ini sangat kecil tingkat kesakitannya karena tanpa harus dibedah atau operasi kepada pasien.(*hayer)