Terkait Dana BUMdes,Kadis PMD Turun Desa


Kadis PMD Yames M.K Therik meninjau langsung Rumah Bantuan Layak Huni di Desa Batutua

Zonalinenews.Com-Ba’a.Dana BUMdes Desa Batutua yang tidak berjalan secara efektif disikapi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao dengan melakukan peninjauan langsung ke Desa Batutua, Kecamatan Rote Barat Daya,Kabupaten Rote Ndao,Rabu, 04/12/2019 sekitar pukul 17:00 wita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yames M.K Therik, SH dalam kesempatan tersebut menekankan kepada Kepala Desa Batutua Johan Mooy bersama perangkat Desa Batutua serta badan pengurus BUMdes agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan Dana Desa seperti pemberdayaan ekonomi Masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Langkah tersebut menurut Therik, harus segera disikapi karena diyakini dapat meningkatkan perekonomian Desa dalam jangka panjang, sehingga Dana yang telah diberikan dapat dikelola secara baik karena manfaatnya untuk Masyarakat Desa sendiri.

“Walaupun secara struktur BUMdes bertanggung jawab kepada pak Kades, namun dana yang diberikan adalah Dana Desa, yang mengelola Dana Desa adalah pak Kades.Tapi laporan BPD dalam laporan pertanggungjawaban penyelengaraan pemerintahan, salah satunya adalah BUMdes,”tegasnya.

Dijelaskan Kadis PMD bahwa dalam Peraturan Menteri Desa (Permendesa) salah satunya adalah dibukanya ruang yang lebih besar untuk pemberdayaan, maka kepala Desa Batutua dihimbau untuk segera membuat pelatihan mengelas dan setelah itu beri bantuan agar BUMdesnya dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu Ketua BUMdes Desa Batutua, Semi Fanggi kepada wartawan mengatakan, barang-barang yang dibeli dari Dana BUMdes berupa kursi plastik, travo las, mesin dinamo untuk cuci kendaraan, alat cukur rambut (cliper)semuanya ada di kantor Desa Batutua, karena kegiatan belum berjalan dengan baik namun dirinya mengakui bahwa akan mengupayakan untuk mencari orang yang tepat yang mampu mengelolanya.

“Semua barang yang sudah dibeli dari Dana BUMdes Tahun 2018 semuanya ada di Kantor Desa,yang berjalan baik adalah penyewaan kursi sedangkan kegiatan yang lain sementara masi mencari orang yang tepat yang bisa mengelolanya,saya optimis akan berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya wakil Ketua BPD Desa Batutua Yusak Besie kepada zonalinenews.com mengatakan bahwa Dana BUMdes Desa Batutua Tahun 2018 berjumlah 92 juta rupiah yang digelontorkan dari anggaran Dana Desa tidak jelas pengelolaannya,karena sampai pada saat ini dirinya sebagai wakil ketua BPD Desa Batutua belum menerima laporan pertanggungjawaban (LPJ) terkait dengan pengelolaan Dana BUMdes tersebut.(*Tony)