DLH Flotim Butuh Tambahan Armada dan Shift Malam, Solusi Atasi Sampah Kota


Kadis DLH Servulus Satel Demoor, S.Hut

Zonalinenews.Com, Larantuka-Mengatasi persoalan sampah di Kota Larantuka-Kabupaten Flores Timur-NTT bukan perkara mudah. 

Meningkatnya volume sampah dari waktu-waktu serta masih minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup setempat. 

Mencermati kompleksitas persoalan di atas, sehari pasca pelantikan menggantikan Petrus Pedo Maran, Kadis DLH Servulus Satel Demoor, S.Hut melakukan prmantuan menyeluruh terhadap 59 TPS (tempat pembuangan sementara). Juga rutinitas petugas kebersihan.

Fakta ditemukan, pada beberapa lokasi pembuangan sementara tidak sepenuhnya terangkut ke TPA  (tempat pembuangan akhir) dalam sehari.

“Pada lokasi tertentu, sampah tidak terangkut selesai dalam satu hari kerja. Menunggu besok itu yang menjadi timbunan,” sebut Kadis Olus kepada wartawan Jumat, 10 Januari 2020. 

Minimnya armada pengangkut menjadi salah satu kendala utama.

“Saat ini, DLH hanya memiliki 3  Dump Truck armada pengangkut. Satu unit beroperasi 3 kali dalam sehari secara normal. Butuh tambahan angkutan serta tenaga kerja” Ujarnya.

Memaksimalkan pelayan, kepada masyarakat, mantan Kabag Umum Setda ini, berniat menambahkan satu shift kelompok armada pengangkut sampah yang beropersi pada malam hari. 

“Kita lihat dulu ke depan. Mendesak, kita adakan kerja malam hari. Itu salah satu opsi saya. Mudah-mudahan persoalan sampah bisa diatasi,” beber Kadis Optimis.

Mininimnya Kesadaran Warga

Masih minimnya ksedaran dan perilaku warga ketika membuang sampah, menjadi catatan tersendiri. Pasalnya ditemukan beberapa TPS, dengan sampah berserakan di sekitar bibir bak, namun area dalam terlihat kosong. 

“Ada TPS, dalamnya masih kosong luarnya penuh,” keluh seorang petugas kebersihan yang namamya enggan dikutip.

Sementara idak terangkutnya sampah pada TPS, diduga menjadi pemicu utama warga merobohkan bak sampah ataupun membakar.

“Sampah belum diangkut petugas. Baunya ke mana-mana, tentu saja bisa mendatangkan bibit penyakit. Terpaksa kami bakar;” Sebut Stefanus salah seorang warga kota. 

Servulus Satel Demoor, S.Hut dipercayakan Bupati Anton Hadjon sebagai Kadis DLH, diharapakan, mampu mengatasi berbagai persoalan sampah sehingga wajah kota Larantuka dan Flotim umumnya, sehingga dari  waktu kewaktu bisa menjadi lebih baik. (*MR/Rita Senak).