Pemda Lembata Besok Akan Gelar Festival Guti Nale


Zonalinenews. Com, Lembata. Besok Sabtu 15 Februari 2020 Pemerintah Kabupaten Lembata akan menggelar Festival “Guti Nale” di Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata Propinsi NTT.

Guti Nale ini adalah tradisi Orang Mingar di Kecamatan Nagawutung yang sudah di wariskan sejak dulu dan menjadi turun-temurun, Nale adalah Sejenis Cacing laut yang di ambil di sepanjang pesisir Ataupun bibir Pantai Pasir Putih secara Ritual.

Tradisi Guti Nale ini sudah berlangsung tahun lalu dan merupakan pertama kali di gelar oleh Pemda Kabupaten Lembata, sejumlah informasi yang di kumpulkan awak media masyarakat lembata mengakui adanya tradisi ini, sudah sejak lama tradisi ini sejak tahun 500 Masehi tetapi untuk penelitian pasti tentang Guti Nale ini belum ada yang meneliti.

Menurut Kepala dinas Pariwisata kabupaten Lembata Apolonaris Mayang, S. Pd saat dihubungi Media Zonalinenews, Jumat 14 pebruari 2020, Apolonaris menegaskan Festival Guti Nale ini berlangsung dua hari yakni 14-15 Pebruari 2020, Masyarakat Setempat sudah siap bahkan desa tetangga juga besok ikut ambil bagian serta melibatkan diri dalam Tradisi budaya ini,
Besok adalah tahun Ke dua Guti Nale ini di gelar oleh pemda Lembata.

Selain itu juga pada hari ke dua sekitar Pukul 8:00Wita digelar Pameran/Basar di pantai Watan Raja. pengunjung dan wisatawan akan disuguhkan juga proses Adat budaya Pengawetan Nale Secara Tradisional, proses penganyam Snele (Tempat untuk isi Nale) terbuat dari daun lontar.

BACA JUGA:   Keindahan Taman Doa Yesus Maria Oebelo Sejukan Hati

Ia menambhakan , masyarakat desa Setempat sudah siap bahkan ada desa tetangga yang ikut melibatkan diri besok di Festival Guti Nale ini, setelah itu sore harinya ada juga legelaran sejumlah Sanggar Seni dan Budaya,”Tutup Kadis pariwisata Apol Mayang.(*Ritha Senak)