RIDWAN SETIAWAN Terima Dana Poskesdes 100 Persen Pekerjaan Tidak Selesai

Bangunan yang Belum selesai dikerjakan

Zonalinenews-TTS,- Pembangunan Pos Kesehatan Desa (POSKESDES) senilai Rp. 192.942.000 di desa Oepliki Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan sumber dana Desa tahun 2017 hingga saat ini tahun 2020 tak kunjung selesai dikerjakan dan bahkan terbengkalai bak gedung tua yang tak terawat.

Kepala desa Oepliki, Thobias Naat kepada Zonalinenews Kamis 6 Februari 2020 menuturkan pelaksanaan pembangunan gedung Poskesdes yang berlokasi di dusun tiga Lenoas desa Oepliki Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sejak tahun 2017 sesuai alokasi pada APBDES tahun 2017 dan dikerjakan oleh Ridwan Setiawan selaku Direktur CV. Bumi Mutiara dengan alamat kota SoE.

“Sejak tahun 2017 hingga Februari 2020 masih tersisa sejumlah item pekerjaan yang belum diselesaikan diantaranya pekerjaan Plafon keseluruhan, Lantai keramik keseluruhan, Wc dalam 2 unit, daun pintu jendela keseluruhan dan acian tembok beserta pekerjaan pengecetan atau oker pada bangunan poskesdes seluas 120 Meter atau ukuran 15m X 8 meter,”tutur Kades.

Disampaikan Thobias Naat, walau pekerjaan hingga saat ini belum selesai pekerjaannya namun pembayaran pelaksanaan kegiatan sudah 100 persen dibayarkan bendahara desa kepada Ridwan Setiawan selaku direktur CV. Bumi Mutiara  SoE. Pembayaran 100 persen dilakukan pada bulan desember tahun 2017 saat pencairan dana desa tahap tiga.

Lanjut kades, bahwa pihaknya didesak oleh Ridwan Setiawan untuk melunasi pembayaran 100 persen per bulan Desember kala itu, dengan alasan agar memperlancar pendropingan bahan ke lokasi dan kenyataannya semenjak pelunasan dana, justru pelaksana tidak pernah ke lokasi sama sekali pada dekade tahun 2018-2019, sehingga tidak ada kegiatan sama sekali pada dekade waktu tersebut.

Pada bulan Desember 2019, kepala Desa Oepliki mendesak pelaksana Ridwan Setiawan membuat pernyataan kesanggupan penyelesaian pekerjaan Poskesdes Oepliki yang turut serta menyaksikan dan menandatangani pernyataan tersebut adalah pendamping teknik kecamatan Noebeba Tony Kase serta pendamping pemberdayaan Kecamatan Danial Bianome juga TPK Desa Oepliki,Oktovianus Neonane.

BACA JUGA:   UD. Serbaguna Tawarkan Aneka Ikan Hias & Alat Pancing

Selain Kepala Desa Oepliki dan pelaksana Ridwan setiawan, setelah penandatanganan pernyataan kesanggupan yang salah satu pointnya adalah pelaksana akan menyelesaikan pekerjaan fisik Poskesdes Oepliki 100 persen selambat-lanbatnya tiga bulan terhitung bulan Januari hingga Maret 2020.

“Setelah itu pelaksana pada bulan januari turunkan material pasir 6 ret dan semen sehingga melakukan pekerjaan plesteran dan selanjutnya hingga saat ini tidak ada pekerjaan yang dikerjakan lagi padahal sudah hampir pertengahan bulan Februari,” tutur Kades

Kades Oepliki berharap agar sisa item pekerjaan diselesaikan sesuai isi kesepakatan 3 bulan sampai bulan Maret 2020. Namun apabila tidak juga diselesaikan pada bulan maret maka kepala Desa Oepliki akan melakukan upaya hukum terhadap pelaksana Ridwan Setiawan selaku direktur CV. BUMI MUTIARA.

Ditempat terpisah, Camat Noebeba Edi Nenabu menuturkan pernyataan kesanggupan menyelesaikan pekerjaan fisik Poskedes Oepliki yang dibuat pelaksana Ridwan Setiawan sudah yang ketiga kalinya. Namun seolah-olah pelaksana menganggap hal yang sepele atau mungkin beliau kebal hukum.

“Apabila tidak ada keseriusan dalam menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada maka upaya hukum tentunya menjadi pilihan terakhir karena dana sudah diterima 100 persen tapi fisik pekerjaan justru tidak selesai sampai saat ini atau terbengkalai,”tuturnya.

Sementara itu, Direktur CV. Bumi Mutiara, Ridwan Setiawan ketika dikonfermasi terkait keluhan Kades Oepliki, Sabtu 8 Februari 2020 via telpon pukul 13.00 Wita menyatakan bahwa dirinya tengah berada di TTU dan besok (Minggu 9 Februari 2020 sudah berada di Kota Soe dan berjanji akan bertemu dengan Zonalinenews untuk memberikan klarifikasi terkait persoalan tersebut.

Namun hingga waktu yang ditentukan Minggu 8 Februari 2020 , Ridwan tak kunjungan memberikan kabar, Ditelpon dan di SMS tak merespon/

Hingga berita ini dipublikasikan Direktur CV. Bumi Mutiara, Ridwan Setiawan belum memberikan klarifikasinya terhadap persoalan yang dikeluhkan Kades Oepliki. (*elli)