oleh

Bupati Sabu Raijua Diperiksa Kejati NTT terkait Dana PLS

Zonalinenews-Kupang,-Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome diperiksa sekitar lima jam oleh tim penyidik Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Selasa 20 Mei 2014 dari pukul 10.00-15.00 Wita.

bupati sabu

 

Marthen diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi dana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2007 dengan anggaran sebesar Rp 77 miliar.

Humas Kejaksaan Tinggi NTT, Ridwan Ansar mengatakan sebelumnya kasus tersebut dalam tahap proses penyelidikan namun dinaikan ke penyidikan karena ada indikasi kerugian Negara. Namun, untuk kerugian Negara akan disampaikan oleh BPKP RI perwakilan NTT.

“Untuk kerugian Negara kami belum bisa sampaikan karena itu kewenangan BPKP,” kata Ridwan di Kejati NTT, Selasa 20 Mei 2014.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome berubah status menjadi tersangka, Ridwan menegaskan hal itu akan terjadi jika adanya bukti yang kuat dalam proses pemeriksaan. Seseorang berubah status dari saksi menjadi tersangka jika adanya bukti yang kuat.

Sementara itu, Marthen Dira Tome menjelaskan dengan diperiksa dirinya sebagai saksi terkait kasus tersebut maka seluruh isu negatif yang ditujukkan kepadanya akan menjadi jelas.

Dikatakan, setelah diperiksa Kejati NTT maka publik akan mengetahui kejelasan dari pengelolaan dana PLS tahun 2007 silam.

“Hari ini publik tau kejelasan masalah ini sehingga diharapkan tidak ada isu-isu yang miring,” tegas Marthen.

Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome tiba di Kejaksaan Tinggi NTT di Jalan Polisi Militer Kota Kupang, Selasa 20 Mei 2014 pukul 10.00 Wita. Marthen mendatangi Kejaksaan Tinggi NTT dengan ratusan massa pengelola kelompok binaan PLS.

Melihat banyaknya massa pendukung yang turut hadir di Kantor Kejaksaan Tinggi NTT yang tampak tidak tenang, Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome sempat menenangkan massa yang telah memasuki ruang tunggu Kantor Kejaksaan Tinggi NTT.

Bupati Sabu Raijua kemudian digiring jaksa penyidik ke ruang tata usaha Kejaksaan , lalu diperiksa sebagai saksi. Pihak Kejaksaan Tinggi NTT menyatakan, Bupati Sabu Raijua diperiksa sebagai saksi dalam dugaan korupsi dana PLS karena yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) PLS sekaligus sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam mengelola anggaran sebesar 77 miliar rupiah . (*ega)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

Komentar

Comments are closed.