oleh

Hasil Kemelut Karya Bergelut

Zonalinenews-Kupang. Hasil Kemulet Karya Bergelut sebuah tema  karya instalasi Art, Pelukis NTT Jack Lau , Karya ini yang dipasang  di depan halaman UPT Taman Budaya NTT merupakan suatu karya seni yang dipasang  pada hajatan Pameran  Geleri Nasional yang berlangsung dari 27 April -3 Mei 2014 lalu . Karya  Instalasi tersebut terpasang sampai saat ini mengandung  makna refleksi kehidupan masyarakat  NTT.  Demikian disampaikan Perupa NTT, Jacky Lau di Taman Budaya Sabtu 10 Mei 2014 Pukul 11.30 Wita.

Instalasi Art Hasil Kemelut Karya Bergelut  Karya Jacky Lau
Instalasi Art Hasil Kemelut Karya Bergelut Karya Jacky Lau

 

 

Jacky menjelaskan  instalasi  art tersebut adalah sebuah tiang yang kokoh berdiri tengak merupakan simbol hubungan manusia dengan Tuhan sebagai penguasa Tunggal Alam Semesta, namun hubungan tersebut  sempat disobotase manusia karena ingin menjadi penguasa bumi lewat  sebuah kursi kekuasan yang disimbolkan dengan kursi emas yang beralaskan duri –duri tajam di tetap dudukan. .

Pada gambar juga terlihat 4 kursi dengan warna masing-masing kursi adalah merah,Biru , Kuning , Hijau , kursi Kursi tersebut merupakan simbol Partai Politik perebut kekuasan, dengan susunan kursi yang terbolak balik menurut Jacky Lau inilah adalah simbol perilaku politik di Indonesia dimana  partai -partai tersebut berebut kekuasan , saling sikut , saling banting, saling hujut, saling menjatuhkan (hasil dari kemelut) untuk mendapatkan kekuasan, padahal  kekuasan yang dituju yaitu diujung  tiang yang berdiri kokoh adalah sebuah kursi Emas yang dengan alas duduk berisi duri-duri., dan  sangat tidak nyaman pada saat mencapai puncak kejayaan ketika hendak diduduki karena banyak durinya .

Jacky Lay mengambarkan itu lah perilaku politik setalah saling  sikut saling hujat untuk mendatpatkan  kekuasan dan teryata setelah hendak menduduki kekuasaan bukan ketenagan yang didapat . “ketidak nyaman yang didapat karena semua partai politik berebut kekuasaan dengan berbagai cara dan upaya,  padahal Rakyat lah  pemberi suara sehingga  suara-suara rakyat  yang dipakai partai politik untuk mendapat kekuasan ,” Ungkap Jacky.

Jacky menambahkan Rakyat disini disimbolkan lewat kain Putih yang dililit di bawah kursi. (*rusdy)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT