oleh

KB di Manggarai Upaya Cegah Kemiskinan Bagi Masyarakat

Zonalinenews-Manggarai,- Pertumbuhan penduduk Kabupaten Manggarai berkisar 6000-7000 per tahun ,laju pertumbuhan penduduk tersebut berdampak pada  kemiskinan dan masalah ekonomi sosial masyarakat.

kb

 

Tingginya angka kelahiran disebabkan dari berbagai variabel seperti,  Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESAR), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Siswa Miskin( BSM) dan BLSM dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap program KB . Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Manggarai Drs,Victor Madur di ruang kerjanya   Senin  5 Mei 2014  Pukul 10.00 wita .

Dikatakannya untuk  menekan angka kelahiran yang cukup tinggi ,BKKBN Kabupaten Manggarai menerapkan berbagai startegi  dengan memperkuat petugas lapangan KB, kader-kader Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU), Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS), POLINDES, bidan dan Dokter rumah sakit umum dan rumah sakit swasta.

“Tenaga inilah  sebagai unjung tombak dalam melayani acceptor dan upaya lainya dengan memfasilitasi balai KB di setiap kecamatan. Tugas kami memang cukup berat dalam menekan laju pertumbuhan penduduk atau menurunkan angka kelahiran,semua ini bisa terwujud apabila partisipasi masyarakat dan kerja sama antar SKPD-SKPD Kabupaten Manggarai terutama dinas kesehatan, “ UngkapViktor

Viktor yang merupakan salah satu bakal Calon Bupati Manggarai tahun 2015  menambahkan, hal yang mendasar terbentuknya program KB untuk memberantas kemiskinan dan masalalah ekonomi sosial lainnya,menekan pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi.

“ Kita  harus mengingat dengan lapangan kerja terbatas,luas lahan semakin sempit,semua program yang diturunkan ke masayarakat demi terwjudnya keluarga bahagia dan sejahtera. komitmen BKBN kabupaten Manggarai untuk melibatkan elemen masyarakat ,” Kata Viktor

Lebih lanjut menurut Viktor , saat ini pihaknay melakukan kerjasama dengan lintas agama (Khatolik,Islam,Hindu,Budha dan Kristen)  dalam menyuarakan pentingnya KB  sehingga membuka cakrawala berpikir masyarakat terhadap terencana kelahiran, pendidikan sampai pada lapangan pekerjaan.Pada tahun 2014 ini BKKBN kabupaten Manggarai fokus pada sosialisai kepada masyarakat, Remaja, siswa SMP-SMA dan Mahasiswa,  untuk memberi pencerahan agar tidak menikah di usia muda dan penguatan kapasistas para perawat dalam mentrasformasikan program KB kepada masyarakat.

Viktor menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Manggarai dengan kehadiran program keluarga berencana dapat membantu masyarakat terhindar dari kemiskinan dan terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas,suami dan istri sebagai pioner untuk mewujudkanya. (*kons Hona)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

Komentar

Comments are closed.