oleh

Karya Ilmiah Tingkatkan Profesionalisme Guru

Zonalinenews-Kupang, Profesionalisme guru terus di tingkatkan demi menciptakan  kualitas peserta didik yang handal, untuk itu guru diwajibkan membuat karya ilmiah. “Karya ilmiah juga sebagai salah satu syarat untuk pengangkatan pangkat guru dan menjadi tolak ukur seorang guru yang profesionalisme. Dimana guru menjadi factor terpenting untuk memajukan bangsa yang lebih baik. Kemajuan suatu bangsa di ukur dengan kualitas pendidikan,” ungkap Ketua Pengawas Pendidikan Kota Kupang,  Sarlota O. Koroh, S. Pd di ruang kerjanya selasa 15-07-21014 pukul 13.00 wita

karya ilmiah

 

Sarlota menjelaskan sesuai reformasi birokrasi (RB) Nomor  16 tahun 2009 dan Nomor  21 tahun 2010 tentang kenaikan pangkat bagi guru, dalam merespon aturan tersebut diwajibkan bagi guru yang ingin naik pangkat harus mampu membuat tulisan karya ilmiah guna mengukur kualitas dari guru itu sendiri, Karena Tanpa kualitas yang baik sangat mempengaruhi dunia pendidikan.

“Kita telah mengadakan seminar tentang kenaikan pangkat yang dilaksanakan tanggal 8 juli yang lalu, ini semua dibuat sesuai syarat aturan yang berlaku dan langsung direspon dengan mengadakan Seminar. Seminar tersebut dipaparkan langsung oleh 6 guru sebagai contoh bagi guru yang lain, kegiatan itu yang dibuka langsung oleh walikota kupang dan dihadiri sederatan kepala dinas terkait,” Ungkapnya.

Dijelaskannya, Kegiatan ini dibuat untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Tentunya,  pendidikan perlu dibenahi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang akhir-akhir ini telah merosot.

“Pendidikan saat ini sangat disayangkan walaupun sudah ada kemajuan yang cukup baik. “kita perlu membenahi factor-faktor pendorong kemajuan pendidikan secara intens. Oleh karna itu,  Guru maupun siswa harus terus membenahi diri sesuai dengan perkembangan zaman,” kata sarlota

Lanjut sarlota Saat ini, pendidikan terus ada perubahan dari waktu ke waktu, mulai dari kurikulum 1994 hingga kurikulum 2013, perubahan kurikulum ini diikuti dengan perkembangan jaman guna meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik, tetapi masih banyak pemahaman  yang kurang terkait dengan perubahan kurikulum. Baik itu, guru dan siswa ketika diterapkan pada satu institusi pendidikan.

Ia Menegaskan, Pemerintah terus mengoptimalkan kemajuan pendidikan dengan melihat berbagai kekurangan-kekerungan yang terjadi pada instutisi pendidikan. Baik itu dana, mutu pendidikan guru siswa yang menjadi syarat mutlak.

“kita terus mengawas serta mengevaluasi kemajuan sebuah pendidikan, karna pendidikan adalah tulang punggung bangsa dan juga memberikan pelayanan yang baik untuk mencerdaskan generasi mudah yang berkompeten”. tuturnya

Sarlota menambahkan, pendidikan harus dijunjung filosofi dari pendidikan itu. agar masyarakat, dalam hal ini orang tua siswa mengharapkan pada sebuah lembaga pendidikan dapat menciptakan kualitas dari peserta didik yang bermutu, semua ini dibuat untuk kemajuan pada bangsa dapat mengelolah kekayaan alam yang melimpah.(*robby bian)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT