oleh

Jalan Umum ditutup 33 KK di Oesapa Kota Kupang Resah

Zonalinenews-Kupang,-Sebanyak 33 kepala keluarga di RT 36/RW 12 Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, mengeluhkan dengan tindakan dari Syafarudin Sidin yang diduga menggeser pilar batas tanah secara sepihak.
Lorong bermasalah

Hal ini mengakibatkan tertutupnya jalan umum yang selama ini digunakan oleh warga sekitar untuk melintas. Salah satu warga RT 36 , Balkis Soraya Tanof jumat 8 Agustus 2014 mengatakan awalnya tanah ini telah dihibahkan oleh sang pemiliknya Alm. D. Elik yang menghibahkannya kepada negara diperuntukkan sebagai jalan umum dengan lebar dua meter dan panjangnya 64 meter. Namun dalam perjalanannya tanah tersebut telah diserobot oleh Syafarudin Sidin sehingga tidak sesuai lagi dengan ketentuan dalam pembebasan lahan tersebut.

Balkis menjelaskan,melalui pemerintah kelurahan Oesapa telah dilakukan mediasi antara para pihak dan melakukan musyawarah, namun kasus ini tidak berlanjut ke pengadilan. Hingga kini pemiliknya, Syafarudin Sidin hanya memberikan jalan umum selebar 50 centimeter dan tidak sesuai dengan kenyataannya. “Pemerintah Kelurahan terkesannya tidak memiliki taring untuk menindak tegas sang penyerobot lahan. Kami merasa terbeban sebab ke-33 KK tersebut sangat menggantungkan harapannya pada kami,” jelasnya.

Wakil Walikota Kupang Herman Man Jumat pukul 14.30 wita menegaskan akan membongkar paksa lahan yang telah menggeser pilar dan menutup jalan umum. “Tanah memiliki fungsi sosial dan diharuskan untuk kepentingan umum. Namun jika masih ada warga yang ingin menyusahkan masyarakat dengan bertindak sewenang-wenang di atas tanah yang bukan miliknya maka hal ini merupakan sebuah pelanggaran hukum,” jelasnya.

Herman Man mengungkapkan Bila warga tersebut memiliki bukti lengkap serta bukti –bukti ini bisa ditujukan kepada dirinya, dan ternyata bukti itu benar maka Pemerintah Kota Kupang tidak akan segan-segan menindak dan memaksa untuk membongkar karena masalah ini menyangkut hajat hidup orang banyak.(*tim)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT