oleh

Cegah Bahaya kebakaran Dini Pemkot Lakukan Pelatihan

Zonalinenews – Kupang, Untuk menanggulangi ancaman dari bahaya  kebakaran kecil hingga bias menjadi  kebakaran besar, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang  Nusa Tenggara Timur  (NTT), mengadakan Pelatihan  Singkat Pencegehan  dan Penanggulangan  Bahaya  Kebakaran Dini. “Pentingnya pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran dini ini, karena  bencana kebakaran biasa terjadi kapan saja, dimana saja dan dialami oleh siapa saja baik dalam skala kecil maupun skala besar , yang bisa menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda serta dampak psikologis lainya. “Kata Asisten I  Pemerintah Kota Kupang, Yos Rera Beka, saat membaca laporan Walikota Kupang Jonas Salean pada acara Peletihan Singkat Pencegahan Dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dini, di aula sasando lantai III balai Kota Kupang, Selasa 16 September 2014, pukul  09.30 Wita.

Menurutnya, kebakaran sesungguhnya  dapat di cegah sendiri mungkin, bila kita memang peduli serta menyadari terhadap ancaman yang di timbulkan oleh kebakaran itu sendiri. “Menyadari akan dampak kebakaran bagi masyarakat maka Pemkot Kupang telah mengaturnya dalam sebuah Peraturan Daerah (Perda) Kota Kupang  nomor 20 tahun 2007, tentang penanggulangan bahaya kebakaran dalam wilayah Kota Kupang, “Katanya.

Ia menegaskan, upaya penanggulangan dan pencegahan harus menjadi perhatian kita untuk disosialisasi secara terus – menerus dan bertanggung jawab kepada segenap komponen warga Kota Kupang, yang di lakukan oleh kantor pemadam kebakaran Kota Kupang melalui kegiatan singkat ini. “Mottonya pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya maka dari itu, untuk mencegah kebakaran menjadi tanggung jawab kita semua, dimana diperlukan peran kita dalam menangani penanggulangan bahaya kebakaran secara dini sehingga dapat menekan korban akibat kebekaran seminim mungkin, “Ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada dua cara untuk pencegahan yaitu, preventif dimana mencegah sedini mungkin kebakaran agar tidak menjadi lebih besar dan menghindar adanya korban, dan pencegahan represif itu adalah melekukan pemadaman atas kebakaran yang terjadi agar, dapat dilokalisir dan tidak merambat ke bangunan lain yang ada sekitar tempat kebakaran. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT