oleh

PLN NTT berharap Listrik Terus Menyala di Kupang

Zonalinenews-Kupang, Pemadaman  listrik sering terjadi di Kota Kupang  dan sekitarnya akhir-akhir  ini secara terjadwal lantaran  terjadi perbaikan listrik pada PLTU Tenau Kupang, sehingga pelayanan listrik terganggu ke masyarakat . “ Saat ini PLN berupaya melakukan perbaikan mesin di PLTU  Tanua  kupang,   4 mesin yang rusak sudah bisa dioperasikan lagi , tinggal 2 mesin dalam kondisi rusak sedang menunggu suka cadang mesin tersebut yang didatangkan  dari Swiss. Diperkirakan masa perbaikannya memakan waktu kurang lebih 3 bulan kedepan,” Demikian disampaikan General Manajer (GM) PT PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur di UPTD PLN Bolok Kupang. Rabu 1 Oktober 2014 pukul 15.30 wita pada acara jumpa pers terkait dengan kerusakan mesin PLT Tenau Kupang sehingga terjadi pemadaman listrik karena perbaikan mesin.

Beri keterangan pers,Manajer  Operasional , Eko, GM PT PLN Wilayah NTT,Richard Safkaur , serta Manajer Area Kupang, Hitler
Beri keterangan pers,Manajer Operasional , Eko, GM PT PLN Wilayah NTT,Richard Safkaur , serta Manajer Area Kupang, Hitler

Menurutnya, malam ini (Rabu 1 Oktober 2014 ) listrik sudah bisa kembali menyala normal , karena 6 mesin yang rusak  4 diantaranya bisa beroperasi kembali sudah  diperbaiki , pengantinya kerusakan 2 unit mesin tersebut , dipasok  listrik dari  PLTU Bolok  “ diharapkan Listrik akan terus menyala dan PLN NTT tidak berharap listrik padam karena ada pasokan dari PLTU Bolok, ”Tegasnya.

Dikatakannya, Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Bolok kapasitas 2 x 16,5 mega watt (MW) telah bisa menghasilkan listrik (sinkron) terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2014. Bersamaan dengan bisa beroperasinya PLTU Bolok, transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kilovolt (kV) section Gardu Induk (GI) Bolok menuju GI Maulafa di Kelurahan Sikumana, juga menyusul selesai dibangun dan siap berfungsi.

Menurutnya Uji coba memasukkan listrik dari PLTU Bolok  ke Sistim Kupang adalah bagian dari proses tahapan pembangunan PLTU yang tertuang dalam kontrak kerja  sehingga saat ini uji coba tersebut mendekati final, dan bila dalam proses ujicoba berjalan  baik dan pasokan listrik mulus masuk ke kupang dari PLTU Bolak, maka PLTU Bolok bisa diserahkan ke PLN wilayah sesuai dengan kontrak dan perjanjian kerja. “ 2 unit mesin yang  rusak di PLTU Tanau, diatasi dengan pasokan litrik dari PLTU Bolok sebesar 7  mega maka penganti listrik dari PLTU Bolok bisa masuk dari PLTU Bolok dengan kapasits 3.000 kilo Watt dan saat ini di UPTD Bolok ada 2 mesin yang kapasitasnya sama, bisa diaktifkan kalau tida ada halangan malam ini sudah bisa beroperasi,”jelasnya.

Ditambahnya Ricard , kondisi mesin di PLTU Tenau Kupang ibarat mobil yang sudah tua dan gampang rusak sehingga pihaknya akan berupaya untuk mengantinya dengan cara bertahap. “PLN akan berupaya  maksimal agar lsitrik terus menyala dan tidak menginginkan listrik padam, ”jelasnya.(*rusdy)

 

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT