oleh

Badan Katahanan Pangan Sosialisasi Pupuk Subsidi

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos-Kupang ,- Badan Ketahanan Pangan propinsi Nusa Tenggara Timur sejak beberapa pekan terakhir terus melakukan sosialisasi cara mendapatkan pupuk bersubsidi.  Hal ini terungkap saat Abdulrahman Agi dan Yosep Lassa dua orang staf Badan Ketahanan Pangan NTT menggelar sosialisasi di Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa Kota Kupang,  Minggu 16 November 2014.

Sosialisasi Pupuk Bersubsidi – Nampak Abdulrahman Agi (foto tengah) dari Badan Ketahanan pangan NTT memberi penjelasan kepada petani terkait cara mendapatkan pupuk bersubsidi
Sosialisasi Pupuk Bersubsidi – Nampak Abdulrahman Agi (foto tengah) dari Badan Ketahanan pangan NTT memberi penjelasan kepada petani terkait cara mendapatkan pupuk bersubsidi

 

Dalam sosialisasi itu, BKP NTT  menjelaskan tidak semua petani dengan mudah membeli pupuk dengan harga bersubsidi. Karena pupuk bersubsidi hanya dapat dibeli petani yang telah bergabung dalam kelompok tani bukan perorangan.

“Bisa dengan mudah mendapatkan pupuk dengan harga subsidi kalau petani membeli melalui wadah kelompok tani, karena itu para petani perlu membentuk kelompok tani agar ketika membeli pupuk dengan haarga subsidi dapat dilayani pengecer,” kata Abdulrahman Agi dihadapan 60 orang petani di Bello.

Lebih lanjut Agi menjelaskan, jenis pupuk yang dapat dibeli petani dengan harga subsidi yakni, pupuk Urea, MPK dan pupuk TSP dengan harga di tingkat pengecer berkisar Rp.95.000 hingga Rp.100.000 per karung berukuran 50 kg.

Ketua Kelompok Tani Mansuma, SolemanTuan yang dikonfirmasi wartawan di sela-sela kegiatan itu mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya banyak petani Bello yang selalu mengalami kesulitan mendapatkan pupuk dengan harga bersubsidi.

Ia berharap, dengan adanya wadah kelompok tani itu, kedepan para petani khususnya di Kelurahan Bello tidak lagi kesulitan mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Ya jadi pengalaman kami di Bello selama ini terutama pada musim tanam padi maupun ladang, selalu kesulitan mendapatkan pupuk dengan harga subsidi, sehingga kami berharap dengan wadah kelompok yang baru dibentuk ini nantinya petani bisa dengan mudah mendapatkan pupuk,”harapnya.(*ans)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT