oleh

DPRD Manggarai Mengutuk Kinerja PLN Ruteng

Media Group Zonalinenews , Erende Post –Ruteng,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mangarai mengutuk kinerja pelayanan yang diberikan PT.Perusahan Listrik Negara (PLN) Cabang Ruteng yang tidak becus dalam melayani warga.

PLN

 

Pasalnya pelayanan kelistrikan oleh PT.PLN di wilayah Manggarai, Manggarai Barat maupun Manggarai Barat tidak maksimal bahkan kejadian pemadaman yang berulang terus berlangsung.

Praktek pelayanan yang tidak maksimal itu disebut-sebut telah berlangsung lama bahkan telah menjadi penyakit kronis. Para wakil rakyat di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai mengaku kesal dengan tidak adanya perubahan pelayanan perusan milik negara itu.

Juru bicara Fraksi Partai Keadilan sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Manggarai,  Marsel Ahang kepada wartawan di gedung DPRD Manggarai, Senin 3 oktober 2014 menilai akuntabilitas kerja PLN Ruteng tidak becus karena tidak mampu menjawab kebuthan masyarakat akan listrik.

“Ini semua terjadi akibat dari managemen pengelolaan dan sumber daya manusia pengelolanya yang tidak jelas,”tandasnya.

Direktur PT. PLN Ruteng, Nursyamsu yang dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/11) kemarin mengklaim daya yang tersedia di PT.PLN Ruteng alami surplus sekitar 2.000 Kilo watt.

Sebab menurutnya, sumber listrik asal Ulumbu unit tiga dan empat sudah dioptimalkan namun kendala utamanya berdasarkan topogafi Kabupaten Manggarai yang berbukit-bukit dan pepohonan yang menyelimuti jaringan listrik menyebabkan banyak pohon yang tumbang dan tanah longsor.

Menurutnya, kondisi tersebut sangat menggangu jaringan listrik menyebabkan pada reklorse Ulumbu atau hunting (tekanan naik turunya daya) sulit dihindari.

“Mohon maaf bagi seluruh masyarakat Manggarai atas kejadian pemadaman listrik,hal tersebut murni gangguan jaringan bukan ada unsur kesengajaan dari PLN,”katanya.

Terhadap penjelasan direktur PT.PLN tersebut, Marsel Ahang menilai pernyataan pihak PT.PLN tersebut membosankan. Bahkan kata dia, pelayanan PT.PLN yang tidak becus itu telah berlangsung cukup lama.

Menurutnya, setiap terjadi pergantian pimpinan di tubuh PT.PLN Ruteng kerap melontarkan alas an seperti yang diungkapkan Nursyamsu.

Sedangkan Ketua DPC PKB Kabupaten Manggarai, Ansel Odi mengatakan, kontribusi PLN dalam sector penerangan dan pelayanan tidak professional dan kehadiran pembangkit milik PT.PLN di Ulumbu tidak membanggakan masyarakat sebab pemadaman listrik terus dilaksanakan setiap hari.

“Kasihan pasien yang di rumah sakit ketika mereka membutuhkan oksigen dan penerangan dan bagaimana nasib masyarakat manggarai ketika pekerjaan mereka membutuhkan tenaga listrik dan kita merdeka akan kebutuhan listri,”katanya.(*kons)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT