oleh

Hujan Guyur Kota Kupang, Jalan Timor Raya Jadi Danau

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos –Kupang,-  Semangat Pemerintah Kota Kupang di bawah kepemimpinan Walikota Kupang, Jonas Salean mencegah luapan air ke badan jalan sepertinya hanya wacana untuk menidurkan masyarakat.

Betapa tidak saat hujan deras mengguyur Kota Kupang, Kamis 06 November 2014 sore, meski hanya berlangsung beberapa menit namun menyebabkan genangan air pada sejumlah lokasi di sepanjang ruas jalan Timor Raya.

Pantauan wartawan Kamis 06 November malam, genangan terjadi di depan Ruko Piala Jaya setinggi kurang lebih selutut orang dewasa. Genangan lain juga terjadi di Km.09 Oesapa Kupang.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan mengungkapkan, di dua lokasi tersebut kerap kali terjadi genangan saat musim hujan berlangsung.

“Kalau di sini sering terjadi genangan dan setiap tahun. Hujan kemarin yang berlangsung berapa menit saja genangannya cukup dalam,”kata Edy Kolo salah seorang yang bermukim di sekitar Ruko Piala Jaya, Jumat 7 November 2014 kemarin.

Genangan yang terjadi di lokasi itu kata Edy disebabkan karena tidak ada saluran pembuangan air sehingga lokasi tersebut menjadi areal penampungan air dari sejumlah titik yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Kita harapkan agar pemerintah berkoordinasi dengan warga sekitar sini supaya mengijinkan tanahnya dibangun saluran. Atau pemerintah buat supaya titik jalan di sini ditinggikan sehingga di sini tidak terus menerus tergenang,”ujarnya.

Sementara itu Imron salah seorang pemilik kios di kilometer Sembilan Oesapa Kupang yang ditemui secara terpisah mengatakan, meski genangan tidak berlangsung lama namun cukup merepotkan mereka.

“Air yang tergenang di sini berasal dari atas. Karena salurannya kecil dan suah penuh dengan lumpur sehingga air meluap ke jalan,”kata Imron.

Menurut dia, persoalan itu telah berlangsung sejak tahun 2012 lalu, saat musim hujan berlangsung, limpahan air dari saluran memasuki rumah warga yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Kita harapkan agar pemerintah perdalam saluran yang ada sehingga air tidak meluap terus setiap tahun,”harapnya.

Walikota Kupang, Jonas Salean yang dikonfirmasi wartawan, belum lama ini mengatakan, saat ini pihaknya tengah merampungkan pekerjaan jalan maupun saluran di kota Kupang mengantisipasi terjadi genangan saat musim penghujan berlangsung.(*vlm/rif)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT