oleh

Kawal Batas Dua Yonif Bentengi Pamtas RI-RDTL

Media Zonalinenews,Erend e Pos -KEFAMENANU, ERENDE POS – Untuk menjaga wilayah tapal batas RI-RDTL, dua Batalion ditempatkan untuk membentengi wilayah perbatasan. Dua batalion masing masing Yonif 744/SYB dan Yonif 514/Raider Kostrad.

Demikian disampaikan  Danrem 161/Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Achmad Yuliarto dalam arahannya, Rabu ( 26/11) saat pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan RI-RDTL dari Yonif 742/SWY diserahkan kepada Yonif 744/SYB yang berlangsung di Lapangan Kompi C, Yonif 744/SYB Tobir, Kefamenanu.

Achmad mengatakan, pengamanan wilayah batas negara berbeda dari sebelumnya yang hanya satu Batalyon, sehingga tahun ini pengamanan perbatasan RI-RDTL dilaksanakan oleh dua Batalyon yakni Yonif 744/SYB berkuasa di sektor Barat meliputi Kabupaten TTU dan Kabupaten Kupang sementara Yonif 514/Raider Kostrad akan bertugas di Sektor Timur meliputi wilayah Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB diminta untuk melaksanakan tugas dengan baik, mempelajari tugas, menguasai peraturan yang ada dan secepatnya beradaptasi dengan lingkungan, masyarakat dan harus mengenal adat istiadat dan budaya setempat dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada.

Selain itu menjalin komunikasi yang baik dengan segenap komponen masyarakat yang ada di perbatasan RI RDTL selalu  berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat  keamanan dengan berbagai instansi komponen terkait, yakni salah satunya melakukan patroli gabungan.

Lebih lanjut, Yuliarto meminta anggota Satgas Pamtas RI RDTL Yonif 744/SYB  untuk tidak melakukan kegiatan ilegal di perbatasan atau kegiatan pelanggaran lainnya yang dapat merugikan masyarakat dan citra TNI, juga memanfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan-kegiatan yang positif untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat perbatasan.

Bukan hanya Danrem 161/Wira Sakti memberikan kesempatan kepada Kapolres TTU AKBP Robby Medianus Samban untuk memberikan pengarahan kepada Prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB.

Kapolres Samban dihadapan  anggota Satgas mengatakan situasi Keamanan dan Ketertiban di Perbatasan RI-RDTL khususnya di Wilayah Polres TTU dalam keadaan aman dan kondusif meski demikian dirinya berharap untuk tingkatkan hubungan yang sudah harmonis antara Polres TTU dengan Satgas Pamtas RI-RDTL, dalam hal ini  Satgas Pamtas RI-RDTL yang baru Yonif 744/SYB.

Sekedar tahu, personil dari Yonif  744/SYB dengan perkuatannya, dari Tim Hubdam IX/Udayana, Tim Inteldam IX/Udayana, Tim Pomdam IX/Udayana,mulai melaksanakan tugas pengamanan RI – RDTL, mulai hari Kamis (27/11) Satgas Yonif 744/SYB akan mulai memasuki Pos-Pos yang berada di Sektor Barat.

Sementara pasukan Satgas Pamtas RI-RDTL yang akan bertugas di sektor Timur, yaitu Yonif 514/Raider Kostrad,  akan tiba di Lantamal VII Kupang pada hari Sabtu 29 November 2014 menggunakan KRI Teluk Ratai, dilanjutkan dengan upacara penerimaan dan pelepasan memasuki Pos- Pos Perbatasan di Sektor Timur Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. (joe)

 

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT