oleh

KKP Segera Salurkan Dana PUM ke Nelayan Rote Ndao

Media Group : Zonalinenews,Erende Post – BA’A, – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dinas Kelautan dan  Perikanan (DKP) Kabupaten Rote Ndao segera merealisasikan dana bantuan PUM bagi nelayan pesisir.

sosialisasi

 

Bantuan tersebut meliputi bantuan budidaya rumput laut dan budidaya ikan air tawar  yang diperuntukan  bagi masyarakat pesisir. Untuk Tahun Anggaran 2014, pencairan direncanakan mulai dilakukan oleh masing masing kelompok, Kamis  6 November 2014.

Pencairan dana PUM tersebut dilakukan secara langsung oleh Ketua dan Bendahara Kelompok dan proses pencairan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama pada proses pembibitan dan tahap dua pada proses pembiayaan. Secara keseluruhan kelompok yang akan mendapatkan dana PUM di Kabupaten Rote Ndao tahun ini sebanyak sembilan kelompok penerima yang tersebar pada sejumlah kecamatan pesisir.

Sesuai anggaran yang dialokasikan, masing-masing kelompok mendapatkan bantuan dana PUM sebesar Rp35 juta .

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rote Ndao melalui kepala Bidang budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rote Ndao, Jems Riwu saat menggelar sosialisasi dengan kelompok penerima bantuan  tentang sistim pengelolaan Bantuan dana PUM dari Kementrian Kelautan dan Perikanan di Kantor DKP Rote Ndao, Rabu 5 November 2014  mengatakan, tahun ini terdapat Sembilan kelompok yang mendapatkan bantuan.

Ia menjelaskan, Sembilan kelompok budidaya pesisir yang akan mendapatkan bantuan tersebut terdiri dari kelompok budidaya rumput laut dan kelompok budidaya ikan air tawar.

Sedangkan proses pencairanya kata dia, dilakukan langsung melalui rekening kelompok dan pihaknya hanya melakukan pendampingan yakni membantu melakukan proses verifikasi berkas dan administrasi sekaligus sebagai pendamping.

“Dana bantuan ini ditransfer langsung dari pusat masuk ke rekening kelompok sehingga yang berhak melakukan pencairan hanya ketua kelompok dan bendahara. Setelah pencairan dilakukan, ketua, bendahara dan seluruh anggota masing masing kelompok akan secara bersama-sama mengelola dana tersebut sesuai dengan kebutuhan yang telah direncanakan sejak awal pengusulan proposal,”ujarnya.

,dan tentunya dalam melaksanakan seluruh proses kelompok tidak Șέήđίяї tetapi akan didampingi oleh Tim Pendamping yang sudah di tetapkan oleh Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan sehingga dengan demikian maka semuanya akan berjalan lancar,kelompok juga tidak mengalami kendala yang serius,intinya kami berharap agar dana tersebut dilaksanakan sesuai RUK yang sudah ada jelasnya.

Sedangkan Pendamping Program Dana PUM, Mesry  Toudenga pada kesempatan itu berharap agar setelah proses penerimaan dana PUM, Penerima tidak hanya tertuju pada proses penggunaan dananya saja tetapi juga harus cermat melakukan pembuatan pelaporan sehingga proses administrasi akan tertata rapi.

Sebab menurutnya, laporan tersebut tidak hanya disampaikan DKP sebagai dinas pendamping tetapi laporan tersebut akan disampaikan secara langsung ke KKP sehingga program tersebut bermanfaat.

“Secara rutin kami akan terus lakukan pemantauan sehingga dapat mengetahui sedini mungkin jika ada kelompok yang mengalami kendala dalam pembudidayaan. Kami juga harapkan, kalau dalam masa pembudidayaan ditemui ada masalah seperti terkena bencana supaya secepat mungkin melaporkan ke kelurahan atau kepala desa setempat sehingga bisa diatasi secepatnya,”katanya. (*eno)

 

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT