oleh

Mau Berobat, Pasien Wajib Bayar Biaya Listrik

Media Group : Zonaonlinews, ERENDE POS, Kefamenanu – Sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan memungut sejumlah uang kepada pasien untuk biaya listrik atau penerangan. Pungutan sebesar Rp 10.000 itu berlaku bagi tiap pasien rawat inap.

Puskesmas yang dikabarkan meminta biaya listrik kepada pasien itu adalah Puskesmas Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tngah Utara.

Dua warga Ponu, Ulu Besin dan Yakobus Manehat, yang mengaku pernah menjalani rawat inap di puskesmas itu mengatakan dimintai Rp 10.000 per orang untuk biaya listrik. “Kalau pasien yang masuk malam di kamar menginap tidak terang, mereka suruh harus isi pulsa listrik dulu baru bisa menyala,” kata Ulu kepada wartawan, Jumat, 14 November 2014.

Tapi, katanya, biaya listrik itu tak ada dalam nota tagihan biaya perawatan selama di puskesmas. Nota berisi rincian biaya perawatan dan obat. Mereka pun bertanya-tanya apakah pungutan itu resmi atau liar alias ilegal. Lagi pula, katanya, tak mungkin tidak ada biaya listrik dari Dinas Kesehatan setempat.

Menurut Manehat, tiap pasien pasti diminta setor uang untuk pulsa listrik. “Kalau tidak disetor, hitungannya nanti sekalian dalam penagihan biaya perawatan selama di puskesmas.”

“Sayangnya, setelah kami bayar biaya listrik, dalam kuitansi pelunasan yang kami minta tidak dicantumkan biaya listrik, hanya dicantumkan tagihan seperti jasa pelayanan, biaya perawatan, lamanya perawatan, dan lain-lain,” Manehat menambahkan.

Sudah dialokasikan

Kepala Puskesmas Ponu, Avitus Makun, mengatakan tidak tahu soal pungutan itu. Sebab, katanya, khusus untuk biaya penerangan sudah dialokasikan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Dia mengaku sudah mengecek kebenaran informasi itu kepada para stafnya di Puskesmas.

“Informasi itu menurut saya tidak benar. Untuk pungutan biaya listrik, itu ternyata tidak ada,” ujarnya.(jon)

 

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT