oleh

Pemerintah Kabupaten Kupang Dan DPRD Jaga Kemitraan

Zonalinenews – Oelamasi, Demi kesejahteraan masyarakat , Pemirintah Kabupaten Kupang  Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat berapresiasi kepada Pimpinan  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Anggota DPRD Kabupaten Kupang, atas kerja sama dalam kemitraannya. Untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kupang tentunya Pemerintah Kabupaten dan Dewan harus bisa menjaga kemitraan untuk melaksanakan fungsinya masing – masing. Demikian hal ini di sampaikan Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam sambutannya pada acara pembukaan sidang I DPRD Kabupaten Kupang Tahahun anggaran 2013 di ruang rapat utama gedung DPRD Kota Kupang, 13 November 2014, pukul 08.30 wita.

Pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Kupang
Pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Kupang

Titu Eki mengatakan, dalam rangka pelaksanaan kewenangan pemerintah daerah sebagaimana di tetapkan dalam undang – undang nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maka hak dan kewajiban daerah dibidang keuangan perlu dikelolah dalam suatu sistim pengelolaan keuagan negara yang  merupakan elemen pokok penyelenggaraan pemerintah daerah.
“Melalui forum ini saya atas nama pemerintah perlu untuk menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pengajuan nota perhitungan dan rancangan peraturan daerah tentang pertangungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013, semua hal ini yang mengakibatkan keterlambatan ini akan menjadi perhatian dan akan dibenahi oleh pemerintah agar kedepan semuanya dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku, “Kata Ayub.

Menurunya, peristiwa hari ini mempunyai makna yang sangat berarti untuk menciptakan harmonis dan aktualisasi hubungan kemitraan antara esekutif dan legislatif, dimana dengan kemitraan tersebut diharapkan akan menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan agenda sidang yang telah ditetapkan sesuai mekanisme dan tata tertip dewan yang terhormat. “Pencapaian kinerja keuangan yang terjadi dalam nota perhitungan dan rancangan peraturan daerah tentang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013, menuju adanya peningkatan pencapaian yang dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukan dengan pencapaian target pendapatan sebesar 98,99 persen dari target yang di tetapkan sebesar Rp. 757.726.868.872,00.  “Jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede dala sambutanya mengatakan, sesuai hasil rapat Badan Musawarah (Banmus), maka sidang satu ini akan berlangsung mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan. Untuk itu kita akan memasuki tahapan – tahapan persidangan sebagai yang ditetapkan oleh banmus yaitu pembahasan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2013. “Walaupun kita sudah terlambat untuk pembahasan pertanggung jawaban APBD 2013, tetapi yang sangat di perlukan obyektif dalam pembahasan dan penelaahan tidak saja terhadap materi tetapi mempertimbangkan juga kenyataan di lapangan yang kita temukan pada saat kunjungan kerja, peninjauan dan reses yang tentunya akan menjadi referensi didalam pembahasan agenda sidang tersebut, “Katanya.

Ia menegaskan, walau secara administrasi, Bupati telah menyampaikan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2013, namun bila di pandang dari dimensi akuntabilitas atau sekedar untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang – undangan tetapi, secara secara moral tentunya kita semua terpanggil untuk mempertanggung jawabkan kepercayaan yang telah diberikan oleh rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

“DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, tentu tidak secara sepihak mengambil posisi sebagai meniali, tetapi juga turut bertanggung jawab atas keberhasilan penyelenggara pemerintahan dan pembagunan daerah, yang pada sidang ini akan diwujudkan dalam bentuk kontribusi pemikiran, saran dan pendapat sebagai masukan untuk mengatasi masalah dan hambatan yang dialami, sehingga dapat terjalin sinergitas dalam peran dan fungsi kita masing – masing, “Katanya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT