oleh

Pemkab Kupang Gelar Pameran Produk Unggul

Media Group : Zonalinenews , Erende Post – Oelamasi,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar pameran hasil penyuluhan tingkat Kabupaten Kupang di kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan Dan Kelautan (BP4K) Naibonat Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Selasa 4 November 2014, Pukul  10.30 wita. Pameran penyuluhan di ikuti 24 peserta dari 24 Kacamatan se – Kabupaten Kupang. Acara di langsungkan selama tiga hari, 3 November – 5 November 2014.

Wakil Bupati

Pembukaan pameran produk unggulan daerah tingkat Kabupaten Kupang tahun 2014 di buka oleh Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno dan di hadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang , Yosef Lede, Kapolres Kupang, para pimpinan Dinas/Badan lingkup Pemkab Kupang, Lurah serta Camat se – Kabupaten Kupang dan para undangan lainya.

Kepala BP4K Kabupaten Kupang Carles Panie dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Kupang yang beriklim ekstrim dengan potensi lahan rata – rata lahan kering, namum hal ini  bukan merupakan hambatan dalam  melakukan perubahan tapi ini dipandang sebagai tantangan bagi aparat dan petani dalam membagun masyarakat Kabupaten Kupang sehingga keluar dari kemiskinan.

“Upaya Pemkab Kupang untuk mengantasi kemiskinan terus digalakan, gerakan tanam paksa dan paksa tanam yang di canangkan oleh Bupati Kabupaten Kupang untuk masyarakat Kabupaten Kupang adalah sebuah upaya untuk meyadarkan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui pengembangan usaha di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan,  demi mengangkat harkat dan martabat petani sabagai pelaku utama dan pelaku usaha, “Katanya.

Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya juga mengatakan, paradigma pembangunan pertanian saat ini adalah pertanian yang berkelanjutan dengan berorientasi pada peningkatan kwalitas dan profesionalisme sumber daya manusia petani, karena itu optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam dan teknologi tepat guna yang murah , sederhana dan efektif merupakan daya gebrakan yang mutlak dilaksanakan oleh pemerintah bersama – sama petani.

“Dalam rangka mewujudkan hakekat pembangunan pertanian tersebut maka Pemkab Kupang telah mencanangkan gerakan tanam paksa dan paksa tanam sejak pemerintahan kami periode 2009 – 2014, tepatnya bulan septembar 2009 namun belum berjalan dengan maksimal, “Katannya.

Menurutnya, pameran ini merupakan salah satu dari metode penyuluhan sebagai ajang pembelajaran dan tukar informasi antara sesama petani dengan menggunakan teknologi yang tepat guna, di setiap setiap wilayah atau kecamatan dapat menonjolkan kekayaannya baik berupa hasil unggulan lokal maupun teknologi tepat guna sebagai bagian kekeyaan Kabupaten Kupang.

“Mengacu pada paradigma pertanian yang mengedepankan pembagunan sumber daya manusia pertanian maka, sesungguhnya peranan Penyuluhan Petani Lapangan (PPL) disini sangatlah penting, karena berkaitan langsung dengan pembagunan sumberdaya manusia sebagai subyek dan obyek pembagunan pertanian, “Paparnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT