oleh

Hama Belalang Kembali Menyerang Empat Desa di Sumba Timur

Hama belalang di Sumba Timur
Hama belalang di Sumba Timur

Zonalinenews- Sumba Timur,-   Penyebaran hama belalang  di Kabupaten Sumba Timur kian meluas, setelah menyerang enam Kecamatan dan 16 Desa di Kabupaten Sumba Timur, hama belalang kembali menyerang empat desa di Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur yakni, desa Mutunggeding, desa Lairuru, desa Watupuda dan Umalulu

Kepala desa Mutunggending U. Waluwanja Ndamung Matalu, ketika dikonfirmasi Selasa  17 Agustus 2016 menjelaskan  penyebaran hama belalang muncul dengan mendadak di empat desa tetangga, sedangkan penyebaran hama belalang berawal dari Kecamatan Kahaungu Eti dan sekarang sudah meluas sampai di Kecamatan Umalulu

Waluwanja mengatakan, penyebaran hama belalang sudah dikategorikan kejadian luar biasa (KLB) “Ini instruksi Bupati bahwa hal ini sudah menjadi status kejadian luar biasa karena hampir disemua desa hama belalang menyerang sawah dan kebun para petani.

Dia menuturkan, dari empat desa penyebaran hama belalang saat ini paling banyak penyebarannya di desa Mutunggending dengan senyerangan hama belalang sudah lebih dari sebagian sawah petani hancur dan dijalan-jalanpun belalang bertebaran.

 “Padahal di desa yang kena dampak hama belalang sudah di semprot dengan segala macam obat tetapi hama belalang tetap saja muncul,”ujar waluwanja.

Sementara ketua kelompok tani (Poktan) desa Mutunggending Ama Arnold menjelaskan, terkait penyerangan hama belalang semua  petani desa Mutunggending mengeluh karena padi umumnya padi  yang  baru ditanam dua bulan lalu mendadak diserang hama belalang.

 “Sampai saat ini bantuan dari Dinas belum ada, padahal kami sudah minta bantuan kemarin,” keluhnya

Arnold berharap pemerintah daerah (Pemda) segera membantu pembasmian hama belalang agar tanaman bisa tumbuh dengan baik .

“Tadi kami sudah coba semprot dengan Convidor (obat hama), tapi sangat terbatas dan kami hanya beberapa orang saja di lapangan tapi tidak mampu membasminya,”pungkas Arnold (*Budin)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT