oleh

Pelayanan Kesehatan Buruk di Puskemas Oemanuntono, Kase Jadi Korban

Yakobertus Seran
Yakobertus Seran

Zonalinenews-Oelamasi,- Dinas Kesehatan diminta agar menindak tegas Tenaga medis yang bertugas di Puskesnas Oemanununtono. Pasalnya, Pelayanan yang ditunjukkan oleh tenaga Medis Puskesmas Oemanununtono sangat buruk dan tidak mengindahkan pasien yang dibawah oleh keluarga pasien.

Tenaga medis yang ditempatkan dipuskesmas Oemanununtono acuh tak acuh trhadap pasien, bahkan tidak menolong pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan. Akibatnya, kedua kakak beradik yang kena racun buah hutan, salah satu, Marti Kase harus menghembuskan nafas yang terakhir sementara satunya dalam kondisi gawat.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kabupaten Kupang, Yakobertus Seran di Gedung DPRD Kabupaten Kupang, Selasa 24 Agustus 2016 sekitar pukul 11.00 wita.

Seran mengatakan, ketika dirinya mendapat informasi tersebut tekait dengan pelayanan yang buruk dari Tenaga puskesmas Oemanununtono, sebelum ke Kantor DPRD Kabupaten Kupang sempat menjenguk korban yang kenah racun.

” Saya ketika dengar informasi langsung ke rumah duka. Tapi, korban, Matri Kase telah dikebumikan,” ungkap Seran.

Ke 2 orang kakak beradik asal desa Nunmafo, Amabi Oefeto Timur harus dikembalikan ke rumah mereka oleh ibu kandung korban, Akri Kase. Kedua anak tersebut yang kena racun bernama, Gervi Kase dan Marti Kase.

BACA JUGA:   PD Lilin Kecil, Melakukan Pelayanan Kasih

Dikatakan Seran, saat kedua anak tersebut dibawah ke puskesmas Oemanununtono, tenaga medis yang bertugas asyik menonton TV dan tidak mempedulikan pasien tersebut. Karena pasien yang dibawah pihak keluarga tersebut tidak mendapat respon dari tenaga medis sehingga pihak keluarga memutuskan untuk memulangkan kedua anak tersebut.

” karena tidak pasang Infus, petugas asyik nonton sehingga pihak keluarga putuskan untuk bawah pulang anak mereka,” ucap Seran.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Oemanununtono, Remigius Gunas yang dikonfirmasi mengatakan bahwa, bukan tenaga medis yang melakukan penolakan.tapi pihak keluarga yang meminta untuk mengembalikan kedua Kakak beradik yang kena racun buah hutan tersebut.

” Kedua pasien yang kena racun bernanama Gervi Kasedan Marti Kase,” ucap Gunas.

Dikatakan bahwa kedua pasien, Gervi Kase dan Marti Kase terkena racun buah hutan yang dimakan. Untuk itu dibawah pihak keluarga ke puskesmas untuk ditolong, namun sampai di Puskesmas pihak keluarga yang meminta untuk tidak mau dilakukan rujukan.

” pihak keluarga yang tidak mau untuk anak mereka dirujuk ke rumah sakit,” ungkap Gunas.

BACA JUGA:   PD Lilin Kecil, Melakukan Pelayanan Kasih

Dan terkait persoalan ini dirinya telah menyampaikan ke Camat Amabi Oefeto Timur. Hasli lapran yang disampaikanberupa surat pernyataan dari pihak keluarga untuk dirujuk. (*Paul)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT