oleh

Aliansi Tagih Janji Ke Banwaslu Kota, Soal Calon Lakukan Mutasi

Penyerahan berkas laporan pendukung Ketua Aliansi Alis Siokain kepada Ketua Banwaslu Germanus Atawuwur
Penyerahan berkas laporan pendukung Ketua Aliansi Alis Siokain kepada Ketua Banwaslu Germanus Atawuwur

Zonalinenews- Kupang. Sejumlah masyarakat Kota Kupang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pencinta Demokrasi Kota Kupang (AMPD-KK) datang ke Kantor Banwaslu Kota Kupang pada Jumad  30 September 2016, pukul 14.00 wita.

 Kedatangan Aliansi untuk mendiskusikan laporan Aliansi yang dilayangkan pada tanggal 24 September 2016 tentang dugaan penyimpangan dan pelanggaran Pasal 71 ayat 2, 3, 4 dan 5  Undang РUndang Pemilu Tahun 2016 yang mengatur soal larangan kepada calon peserta pemilu, khusunya incumbent/ petahana yang sementara menjabat, untuk tidak boleh melakukan mutasi para pejabat di lingkup pemerintahan masing-masing, enam bulan sebelum penetapan pasangan calon.

Menerima kedatangan Aliansi, Ketua Banwaslu Kota Kupang Germanus Atawuwur menjanjikan akan memberikan surat rekomendasi kepada KPU Kota Kupang dan akan memberikan jawaban tertulis kepada Aliansi.

Selain itu Atawuwur juga mengatakan laporan Aliansi ditindaklanjuti oleh peserta Banwaslu sebagai laporan masyarakat dalam konteks dugaan pelanggaran administrasi dalam pasal 71 ayat 2 yang dijelaskan dalam pasal 5. Sehingga hasil plenonya pun masih bersifat rahasia hingga sudah ada kesepakatan benar dan tidaknya dugaan.

BACA JUGA:   JOHN TUBAHELEN SEBUT TINDAKAN MUTASI WALIKOTA KUPANG, TINDAKAN ILEGAL

Lanjut Atawuwur, laporan Aliansi tentang dugaan penyimpangan dan pelanggaran Pasal 71 ayat 2 yang dijelaskan dalam pasal 5 sedang menjadi bahan analisis Banwaslu dan apabila pada penetapan calon itu ada pengajuan sengketa pemilu maka pasal 71 sudah menjadi syarat formil.

Atawuwur berterima kasih kepada Aliansi karena sudah menjadi representasi masyarakat Kota Kupang untuk membantu mengawal seluruh proses demokrasi Kota Kupang dengan baik.

“Ending prosesnya dijamin tidak melanggar konstitusi karena kami tidak bekerja di bawah tekanan dan kami semata – mata benar – benar akan menegakkan aturan pasal 71”, ucap Atawuwur

Sementara itu Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Kota Kupang Alis Siokain berharap proses terus berjalan dan Aliansi memberikan spirit kepada Banwaslu untuk menegakkan aturan, sehingga Aliansi pun semangat dalam menjalankan fungsi kontrol. (*mortal)