oleh

Kejari Negeri Rote Ndao “Layangkan” Surat Panggilan

Proyek Jaringan Air Bersih yang belum selsai
Proyek Jaringan Air Bersih yang belum selsai

Zonalinenews-Rote Ndao,- Berdasarkan Surat Laporan tertulis dari Ke-60 Tokoh Masyarakat Desa Lalukoen tertanggal,19 Mei 2017 , dan dilanjutkan dengan ketidakpuasan lembaga penegakan hukum di Rote Ndao  dalam hal ini Kejaksaan Negeri Rote Ndao, maka Pada Senin 29 Mei 2017 ,sekitar pukul 10:40 wita, Ke-60 Tokmas Desa Lalukoen kembali mendatangi Kejaksaan Negeri untuk mempertanyakan sejauhmana sikap dan tindaklanjutnya terhadap persoalan tersebut  denagan melayangkan Surat laporan dengan Nomer: 01/V/2017, Perihal Mohon Pemeriksaan yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao. Pada Senin, 29 Mei 2017.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Rote Barat Daya ini nekat mendatanggi Kejaksaan Negeri Rote Ndao secara tertulis yang dituangkan dalam Surat laporan dengan Nomer: 01/V/2017, Perihal Mohon Pemeriksaan yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao, dan menilai hingga saat ini Kejaksaan Negeri Rote Ndoa terkesa membisu.

Lebih lanjut,disampaikan pula Sander Pah, sang perwakilan Masyarakat Desa Lalukoen ini Kepada Zonaline News, bahwa pihaknya sebagai perwakilan telah mendapat Surat Undangan dari Kejaksaan Negeri Rote Ndao tertanggal 29 Mei 2017, dengan nomor :R-21/P.3.22/Dek.3/05/2017 yang bersifat Segera.

Disampaikan Sander, Terhadap isi dari Surat undangan pihak kejaksaan Negeri menyatakan untuk Konfirmasi terkait laporannya tentang Dana Desa di Desa lalukoen Kecamatan Rote Barat Daya, Kab Rote Ndao. Dengan catatan, Agar membawah dokumen-dokumen yang terkait dengan laporan tersebut.

Proyek Dana Desa untuk Pembangunan Embung yang Mubasir
Proyek Dana Desa untuk Pembangunan Embung yang Mubasir

Kata Sander Pah, waktu yang di jadwalkan pihak kejaksaan Negeri Rote Ndao sediannya Hari Jumat, Tanggal 2 Juni Tahun 2017 Pukul,10:00 wita, bertempat Kantor Kejaksaan Negeri Rote Ndao yang akan bertemu dengan Kasi Intel Kejaksaan, Muhamad Safir,SH,MH. Dan surat tersebut mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao, Agus Sahat S.T Luban Gaol,SH.MH

Secara terpisah salah satu Tokoh Masyarakat Rote Ndao yang berdomisili di keluarahan Busalanga Kecamatan Rote Barat laut, sebut saja Julius Feo kepada media ketika berhasil dikonfirmasi Zonaline News pertelpon  dengan  081339446666, mengatakan bahwa pihaknya meminta kepada pihak kejaksaan negeri agar menindak lanjuti laporan masyarakat desa laluoen tersebut karena yang namanya dana desa itu uang rakyat dan untuk rakyat.

Menurut Julius, bahwa untuk pembangunan dan pengelolahan dana Desa, wajib hukunya harus transparan dan ikut sertakan peran masyarakat bukan dikelolah sepihak oleh sang kades Soleman Sui,sehingga patut kalau ke -60 tokMas Desa lalukoen melaporkan dugaan penyelewengan dana-dana Desa tersebut.

Kuat Dugaan Menurut, Tokoh Masyarakat Kelurahan Busalanga ini,mungkin saja ada pihak-pihak yang mengintervensi dibalik Kades Soleman Sui guna back Up sehingga berjalan dari tahun 2016 hingga saat ini pihak Inspektorat dan penegak hukum di Rote Ndao tidak mengetahuinya, namun anehnya masyarakat awam di Desa lalukoen yang dapat dan memberanikan dirinya untuk mendatangi Kejaksaan Negeri Rote Ndao sendiri.

” Dimana fungsi Pemerintah Daerah,Fungsi DPRD Rote Ndao dan lembaga-lembaga Penegak hukum di Kabupaten Rote Ndao,”cetus Feo,bernada Kesal.

Julius Feo berharap, penegak hukum Kejaksaan Negeri Rote Ndao, tentunya mempunyai tahapan dan metode tetapi harus menindaklanjuti persoalan laporan terkait dugaan Dana Desa Lalukoen ini secara tuntas, tidak boleh ada tembang pilih,baik dalam proses Penyelidikan, tuntutan dan putusan di pengadilan harus tuntas.

Surat Pangilan Dari Kejaksaan Negeri Rote Ndao
Surat Pangilan Dari Kejaksaan Negeri Rote Ndao

Hinga dengan berita ini dipublikasikan,Kasi Intel Kejaksaan, Muhamad Safir,SH,MH. Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao, Agus Sahat S.T Luban Gaol,SH.MH, belum berhasil ditemui media ini.

Sebelumnya Kepala Desa Lalukoen, Soleman Sui, S.PdK  saat  di konfirmasi Jumat, 19 Mei 2017  pukul 19:25 wita terhadap laporan dari ke 60 Tokmas Desa Lalukoen, Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao Jumat, 18 mei 2017  dengan mendatangi Kejaksaan Negeri Rote Ndao pihaknya sebagai sang kades belum mengatahuinya secara jelas

Ditambahkan  solemana terkait sejumlah item kegiatan fisik dan non fisik yang dikerjakan pada tahun anggaran 2016 lalu tidak ada masalah apa-apa, buktinya tidak pernah dipanggil oleh pihak manapun untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan Dana Desa tersebut dan untuk ketahui bahwa anggaran 2017 sementara dalam proses pencairan.

“ Tidak ada masalah apa-apa, fisik maupun non fisik dari Dana Desa Tahun 2016. saya saja tidak pernah di panggil dan diperiksa terkait kelolah Dana Desa tersebut, ”Jelas Soleman Sui.(*Riyan Tulle)

Terbengkalainya Proyek Jaringan Air Minum Dari Dana Desa T.A 2016
Terbengkalainya Proyek Jaringan Air Minum Dari Dana Desa T.A 2016