oleh

Dinas Nakertrans Alor Gelar Rakor Terpadu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

IMG-20190402-WA0035

Zonalinenews- KALABAHI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Alor menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Terpadu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bersama seluruh Kepala Desa di Aula Kopdit Citra Hidup Selasa, 2 April 2019 pagi.

Bupati Alor Drs. Amon Djobo dalam arahannya mengatakan untuk mewujudkan jaminan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, pemerintah telah menetapkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

“SJSN bertujuan memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya,” kata Amon.

Lanjutnya, untuk menjamin terlaksananya program jaminan sosial telah ditunjuk 2 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yakni BPJS Kesehatan yang terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan kepada setiap pekerja, baik formal maupun informal/mandiri, yang meliputi 4 program diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Program Jaminan Pensiun.

“Untuk itu kepada para kepala desa dan perangkatnya agar menjadi peserta program jaminan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan karena pada prinsipnya bersifat wajib,” ujarnya.

Amon menambahkan, unțuk mewujudkan implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pemerintah Daerah mengambil kebijakan melalui Perbup Alor Nomor 11 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Program JaminanSosial Nasional Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

“Melalui Dinas Nakertrans bersama BPJS Ketenagakerjaan harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada Kepala Desa dan perangkatnya serta masyarakat pekerja, termasuk pekerja borongan, pekerja perjanjian kerja waktu tertentu maupun buruh harian lepas yang bekerja pada proyek jasa konstruksi,” pungkas Amon Djobo.

Dirinya juga berharap, diakhir kegiatan ini ada output yang bermanfaat dalam penyelenggaraan Jaminan Sosial Nasional Ketenagakerjaan dapat menjamin perlindungan bagi para Kepala Desa dan masyarakat secara keseluruhan. (*pepenk)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT