oleh

Pesona Budaya Ritual di Pantai Lamalera

IMG-20190503-WA0030

Zonalinenews- Lembata,- Lembata adalah salah satu nama dari gugus Kepulauan di kabupaten Flores Timur yang sudah bermasyarakat sejak tahun 1965.

IMG-20190503-WA0029

IMG-20190503-WA0031

Pengukuhan nama lembata ini sesuai sejarah asal masyarakat dari pulau Lepanbatan sehingga mulai 01 juli 1967 sebutan untuk penduduk yang semula

“Orang Lomblen” berubah menjadi “Orang Lembata”

Kabupaten lembata adalah Kabupaten baru yang menyimpan sejuta pesona. Jika tengah berada di Lewoleba pada saat ritual leva dilaksanakan, sempatkanlah waktu untuk menyambangi Pantai Lamalera di Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata.

Desa Lamalera ini menyimpan keunikan dengan Ritual adat yang sudah berlangsung sejak dulu.
Posisi pantai Lamalera yang terletak pada bagian utara menuju pantai selatan begitu menawan dan menarik para wisatawan datang ke pantai Lamalera untuk menyaksikan langsung cara menangkap ikan paus melalui Ritual adat serta misa pemberkatan Laut dan Kapal.

Fakta ini mencatat sejarah sehingga Lamalera di kenal dunia bahkan di mana saja sudah di kenal orang bahwa berburu ikan paus hanya ada di Pulau Lembata, Desa Lamalera Kecamatan Wulandoni.selain melakukan ritual adat di desa ini juga mata pencaharian warga setempat adalah Nelayan, Pemandangan alam pun tak kalah menarik karena begitu spektakuler sehingga banyak tamu yang datang berkunjung ke desa Lamalera sekaligus mengikuti Ritual adat desa tersebut.

Dari sederet unggahan di media sosial tak sedikit orang yang sudah bertandang ke pantai Lamalera, fakta juga mencatat sejarah bahwa berburu ikan paus yang ada cuma di Kabupaten Lembata,Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni.

Menurut Pastor Herman Yosep Bataona,CMF saat di wawancarai media mengatakan, saya sebagai anak lewo merasa terpanggil pulang untuk melakukan Misa Leva, Ritual ini sudah membudaya menjadi tradisi sejak dulu, sejak ritual ini di buka 1 mei 2019 dan akan berakhir pada akhir oktober.

Saat ini juga banyak tamu yang datang dan ingin menyaksikan langsung Ritual adat Misa Leva di Desa Lamalera,Tutur Misionaris asal desa Lamalera.

Kepala desa Lamalera Antonius Boli kepada wartwan mengatakan tahun ini tamu yang datang sangat Luar biasa yang ingin saksikan langsung Ritual desa Lamalera, kami sangat mengharapkan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata untuk sandingkan ini sebagai Budaya yang tidak dapat di pisahkan,”Tutup Kades Boli.(*Rita Senak)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT