oleh

Mapala Politani Kupang : Kota Kupang Darurat Sampah Plastik

Foto : Mapala Politani Kupang Gelar Aksi Pungut Sampah Di Pesisir Pantai Wisata Lasiana

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Dinilai Kota Kupang darurat sampah plastik, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Politani Kupang gelar aksi bersih pesisir pantai Wisata Laisana Kota Kupang, Sabtu 31 Agustus 2019.

Menurut Ketua Mapala Politani Kupang Mickael Satri Watu kegiatan aksi bersih sampah di pesisir pantai yang digelar selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu itu merupakan bentuk prihatin Mapala terhadap Kota Kupang yang mendapat predikat kota terkotor. “Mendapat predikat Kota terkotor akan ancaman sampah yang kian meningkat seiring pertumbuhan penduduk, meninggalkan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan bagi pemerintah maupun masyarakat Kota Kupang,” kata Mickael kepada wartawan di Kota Kupang, 2 September 2019.

Dia mengatakan, ancaman sampah plastik yang memenuhi pesisir pantai dan mencemari laut kupang menjadi alasan bagi para pegiat lingkungan seperti yang dilakukan ratusan Mahasiswa Pecinta Alam Politani Kupang menggelar Aksi Bersih Sampah yang secara rutin dilakukan sepanjang pesisir pantai.

Selain untuk mengurangi ancaman sampah yang berdampak buruk bagi lingkungan, ungkap Mickael kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan yang bersih. “Aksi yang dilakukan oleh pengurus dan anggota Mapala yang menggandeng Ratusan Mahasiswa daru Jurusan Peternakan Politani Kupang ini dilakukan secara rutin dihari libur disetiap bulan dengan memungut sampah yang berserakan disepanjang pesisir pantai yang selalu menjadi lokasi kunjungan wisata, jelasnya.

Dia menambahkan, aksi ini merupakan bentuk perlawanan menyusul Kota Kupang digelari kota terkotor akibat limbah plastik. “Sekarang limbah sampah belum mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah dan masih minimnya kesadaran masyarakat terhadap linkungan,” ujar Mickael.

Dia juga berharap, aksi bersih ini bisa dilakukan secara rutin tiap bulan disaat hari libur. “Saya berharap aksi nyata ini dapat menggugah hati masyarakat untuk ikut terlibat dalam memungut sampah dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga merusak biota dan habitat laut,” tegasnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT