oleh

Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Cabang Kupang, Rumuskan 46 Program Menarik

Zonalinrnews-Kupang,- Pengurus cabang Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Periode 2019-2024 rumuskan 46 program menarik dalan rapat kerja, di D’Tamnoss Resto, Minggu 1 Desember 2019.

Kegiatan itu merupakan langkah awal, guna membahas program kerja yang akan dlaksanakan pengurus IWSS selama Lima Tahun ke depan, demi kelajuan roda organisasi.

Sekretaris Cabang Ikatan wanita Sulawesi Selatan Kota kupang, Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd. kepada Zonalinenews, menyampaikan, pengurus IWSS Kota Kupang telah bertekad memberikan sumbangsih nyata sebagai bentuk terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang dan Masyarakat di Kota Kupang.

“Kami pengurus sudah bertekat akan bekerja berikan kontribusi nyata untuk Kota Ini (Kupang). Ya, setiap program itu kami lakukan sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan kepada Kota Kupang yang kami rasakan sangat menerima kehadiran para perantau dari Sulawesi Selatan,” ucap Yusniati H. Muh. Yusuf Kepada Zonalinenews Via WhatsApp, 2 Desember 2019 di Kupang.

Sebagai penangung jawab Program kerja di Organisasi, Yusniati H. Muh.Yusuf yakini, akan sangat maksimal menjalankan semua program yang telah direncanakan dan disepakati bersama rekan-rekan pengurus lainnya.

“Kami yakin, akan bekerja dengan baik untuk organisasi dan juga untuk masyarakat di Kota ini (Kupang),” pungkas Sekretaris IWSS, Yusniati H. Muh.Yusuf yang juga adalah Dosen tetap di Fkip Undana itu.

Sebelumnya, dikabarkan pada 10 November 2019 telah dilantik pengurus cabang Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Kota Kupang, dengan pengurus berjumlah 80 orang Wanita yang membidangi 8 biro.

Berikut nama-nama pucuk pimpinan IWSS: Ketua Hj. Hartatik H. Kuta, S.Ikom. Wakil ketua 1 Siti Hafsah, S.Ag. Wakil Ketua 2 Ns. Nurdiana Nurdin, S.Kep., M.Kes. Wakil Ketua 3 Hj. Rosmiyati Made Amin, S.PdI. Sekretaris Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd. Wk. Sekretaris 1 Deanita Sari, SE., S.Kom., M.AK.,Akt. Wk. Sekretaris 2 Nurjannah, S.Si., M.Si. Bendahara Satria, S.Kep., Ners. Wk. Bendahara 1 Nurjanna Sulkin, S.Sos Wk. Bendahara 2 Rohaniah Aprily.

Delapan biro, 46 program kerja dan waktu pelaksanaaan program IWSS hasil Raker yang berhasil dirilis Zonalinenews antara lain.

Biro Organisasi dan Keanggotaan:
Pendataan Anggota IWSS Januari 2020, Konsolidasi dengan TPKK Kota Kupang Maret 2020, Sosialisasi anggaran dasar dan anggaran RT kepengurusan cabang IWSS kota Kupang Oktober 2020, Pengadaan Baju kaos disesuaikan dengan event.

Biro Sosial dan Tanggap Bencana:
Sosialisasi tanggap bencana kepada warga IWSS Kota Kupang April 2020, Iuran Sosial dan tanggap bencana tiap bulan, Kerja bakti lingkungan masyarakat Sulawesi Selatan tiap Tahun, IWSS Peduli umat tiap pekan, Sembako gratis disesuaikan dengan event, Sumbangan pakaian layak pakai disesuaikan dengan event, Penanaman anakan tanaman disesuaikan dengan event, Bantuan dana ke Mesjid tiap pengajian bulanan.

Biro Pendidikan dan Dakwah Kerohanian:
Tilawah online Setiap hari, Belajar Al-Quran/Fiqih/Kajian Hadist Setiap bulan, Perayaan hari besar keagamaan setiap Tahun, Safari Ramadhan (bentuk kegiatan: sadaqah, memfasilitasi zakat, berkunjung ke panti asuhan, Lapas wanita dan anak) setiap Tahun, Pelatihan keterampilan teknologi tepat guna (pengolahan limbah menjadi barang berguna) 6 bulan sekali, Bantuan buku/seragam sekolah untuk anak-anak yang membutuhkan insidental.

Biro Ekonomi/UKM/Koperasi:
Arisan bulanan Rp.50.000 perbulan untuk seluruh anggota IWSS setiap Bulan, Pendirian Koperasi IWSS untuk memfasilitasi peminjaman dana anggota IWSS Januari 2020, Pelatihan dan pembuatan kuliner / tutorial make up dan keterampilan lainnya 6 bulan sekali, Pembuatan Kalender setiap Tahun.

Biro Hukum dan HAM:
Peningkatan pemahaman hukum dan kesadaran HAM awal Tahun 2020, Sosialisasi penegakan hukum dan HAM serta menumbuh kembangkan budaya antikorupsi Juni 2021, Sosialisasi bahaya miras dan narkoba, Bantuan hukum warga KKSS yang menumbuhkan pembentukan LBH KKSS (Kegiatan Penyadaran hukum bagi Iwss dan Remaja putri) September 2024.

Biro Hukum dan Hubungan Antar Lembaga:
Melakukan kerjasama dengan organisasi pemerintah/ organisasi masyarakat; Ormas Islam, majelis Taqlim, Biro pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak setiap Tahun, Menyelenggarakan bakti sosial dan amal bakti; Membersihkan pantai dan masjid setiap Tahun

Biro Seni Budaya dan Pariwisata:
Pembentukan dan pembinaan sanggar tari Januari 2020 2 kali dalam 1 Bulan, Pelatihan make up dan pembinaan untuk ibu-ibu dan remaja IWSS Februari 2020, Mengadakan latihan barsama antar anggota IWSS kaum duafa mengenai masakan khas Sulawesi Selatan maupun latihan bersama membuat roti dengan mendatangkan koki khusus yang ada di NTT 1 kali dalam Sebulan, Pembentukan vocal group dan pembinaan 1 kali dalam Sebulan, Mengadakan senam sehat dengan mendatangkan zin di Kota Kupang 1 kali dalam sebulan, Pengadaan seragam olahraga Januari 2021, Membuka perpustakaan mini berupa buku sejarah bugis atau cerita yang dikenalkan untuk nanak2 bugis perantau (Lomba Cerita Bugis Dimasukan dalam Web) Maret 2022, Pelatihan dan pembinaan class henna dari ahlinya February 2023, Partisipasi event mengikuti event yang diselenggarakan oleh BPP, BPD, Pemda Kota Kupang dan Provinsi NTT disesuaikan dengan event, Kampung Budaya (Tulis Budaya Apa) Juli 2023.

Biro Kesehatan dan Lingkungan Hidup:
Pemeriksaan Kesehatan Dasar untuk Pengurus Cabang IWSS Kota Maret Minggu kedua, Peragaan cuci tangan ke Sekolah Dasar April Minggu pertama, Seminar Narkoba & Seks bebas ke remaja IWSS Desember 2020, Senam bersama Minggu Ketiga tiap bulan, Pemeriksaan Papsmear Agustus, Donor Darah dan khitanan masal Oktober (HUT IWSS), Sunatan Massal Desember 2020.(*Erson)