oleh

Mukablub, Nicko Matheus Mansjur Terpilih Jadi Ketua Kadin Manggarai

Zonalinrnews-Manggarai, – Nicko Matheus Masjur terpilih sebagai ketua secara aklamasi pada Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Mukablub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 12 Desember 2019.

Mukablub ini diselenggarakan di kantor Kadin Kabupaten Manggarai, yang beralamat jln. diponegoro no.16 Kompleks DPRD Kabupaten Manggarai yang dihadiri 123 orang.

 Nicko Matheus Mansjur terpilih secara aklamasi untuk mengantikan Wihelmus Andi. Hal itu merupakan keputusan dalam sidang Muscablub Kadin yang dipimpin oleh Pimpinan sidang sementara Paulus Habur S.H

Sementara, berdasarkan Surat Keputusan No: 06/MUKABLUB/DP/XII/2019 tentang Pemilihan Ketua Kadin Kabupaten Manggarai Sisa Masa Bakti 2016-2021 menetapkan dalam Pasal 1 yang berbunyi memilih dan menetapkan Nico Matheus Mansjur, ShMK sebagai Ketua Kadin Manggarai.

SK tersebut mengacu pada UU No. 1 Tahun 1987 tentang Kadin; SK Presiden RI No. 17 Tahun 2010 tentang Persetujuan Perubahan AD/ART Kadin dan Petunjuk Teknis.

Nicko mansjur dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas mandat yang diberikan kepada dirinya
untuk memimpin Kadin Kabupaten Manggarai hingga tahun 2021.

“Kami akan menjalankan program yang sudah ada. Pihaknya juga akan menjalankan program dari pusat. Pasalnya, Kadin daerah terstruktur dengan Kadin Pusat, dan kita akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah,” kata Nicko.

Menurut dia, Kehadiran Kadin di Manggarai dalam rangka memperkuat sektor ekonomi masyarakat khususnya di bidang UMKM.

Ia berkomitmen untuk membantu pegiat UMKM dalam mempromosikan produk-produk unggulan di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“Tentunya program-programnya akan bersinergi dengan pemerintah. Harus memperkuat kemitraan antara Kadin dengan Pemerintah,” papar Nicko

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara Paulus Habur S.H mengatakan, Kadin merupakan agen pembangunan sehingga garis kordinasinya sangat jelas yakni memberikan input dan output kepada Pemerintah Daerah (pemda) dan legislatif.

Ia menilai, Kadin Kabupaten Manggarai belum melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud dengan agen pembangunan.

“Tahap yang paling penting adalah penataan anggota Kadin, karena anggota Kadin yang ada selama ini belum atau tidak representatif dari pengusaha-pengusaha di Kabupaten Manggarai,” ujarnya

Program jangka pendek Kadin Manggarai, Paulus menjelaskan, akan diadakan penataan administratif anggota, sedangkan, program jangka menengah adalah melakukan mucab.

” Selama ini tidak pernah melakukan Mucab, sehingga tidak berdasarkan landasan-landasan atau prosedur yang berlaku,” cetus dia.

Kepada ketua Kadin Manggarai terpilih, ia berharap, dapat menjalankan roda organisasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.( * Kons Hona)