Aparat Keamanan Temukan Kebun Ganja di Kalimao Perbatasan RI-PNG

Bagikan:

Zonalinenews-Keerom,- Kebun ganja seluas kurang lebih 15×50 meter dengan jumlah pohon sebanyak 102 batang ditemukan oleh aparat keamanan TNI- Polri saat melaksanakan potroli bersama di wilayah perbatasan RI-PNG, sekitar 2 kilo meter dari Pos Kalimao Kampung Kalimao, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Selasa 21 Januari 2020.

Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad yang dipimpin Letda Inf. Wanianto beserta 6 orang personel dan Kapolsek Waris Iptu Sultan berserta 5 orang anggotanya melakukan patroli bersama.

Patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan dan mengantisipasi peredaran narkoba terutama jenis ganja yang selama ini peredarannya banyak dari wilayah perbatasan RI-PNG.

Pada saat memasuki kawasan hutan dan menyusuri sungai, ditengah perjalanan prajurit TNI menemukan kebun ganja seluas kurang lebih 15×50 meter, dengan pohon ganja sebanyak 102 batang yang terdiri dari 55 batang dengan ketinggian mencapai 2-3 meter dan 47 batang dengan ketinggian mencapai 1 meter. Tanaman tersebut tumpangsari dengan tanaman lain diantaranya tanaman tembakau, jagung dan singkong.

“Setelah ditemukan dilakukan pencarian terhadap orang yang diduga pemilik kebun ganja tersebut tetapi tidak ditemukan, ” ujar Letda Inf. Wanianto.

Penemuan kebun ganja tersebut langsung dilaporkan kepada Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharommah S.H. Psc. Setelah dilaksanakan koordinasi kemudian tanaman ganja tersebut langsung dicabut dan barang bukti diamankan.

BACA JUGA:   Perang Tanding Antar Desa Lewobunga Vs Lewonara Kembali Berkecamuk

Dansatgas Letkol Inf Wira Muharommah S.H. Psc menyampaikan untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba jenis ganja di daerah perbatasan, pihaknya meningkatkan dan mengintensifkan pelaksanaan sweeping dan patroli keamanan di wilayah perbatasan.

“Penemuan kebun ganja ini merupakan hasil Patroli bersama Satgas dengan Polsek Waris dari pengembangan hasil sweeping dan pemberian informasi dari masyarakat sekitar. Kami akan menyisir kawasan hutan wilayah perbatasan untuk memastikan tidak ada lagi kebun ganja,” tegas Letkol Inf Wira Muharommah.(* Pendiv 2 Kostrad)