Egy Sebut Informasi APBD TTS 2020 Tidak Ditetapkan Adalah Keliru

Bagikan:

Zonalinenews-SoE,- Informasi bahwa APBD Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tahun 2020 tidak ditetapkan itu keliru. Pasalnya pada tanggal 27 Nopember 2019, Bupati TTS dan DPRD TTS telah melakukan persetujuan bersama terhadap APBD TTS tahun 2020 melalui paripurna.

” Sehingga kalau ada yang bilang kenapa tidak ditetapkan. Padahal sudah ada kesepakatan bersama pada tanggal 27 November dan melalui paripurna,” jata Wakil Ketua DPRD TTS Egy Usfunan disampaikan disela sela Audiens Senin 13 Januari 2020.

Menurutnya, memang tanggal 23 Desember 2019 dilakukan paripurna, tapi tidak untuk penetapan APBD, dan paripurna tanggal 23 desember tersebut hanya ada tiga agenda yakni Pengumuman DPRD terhadap program legislasi yang akan dibahas dalam Ranperda pada tahun 2020, pembahasan keputusan pimpinan sekaligus penyerahan keputusan pimpinan terhadap hasil evaluasi rancangan APBD di Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Itu berdasarkan pasal 13 PP 12/2019 yang menyatakan bahwa keputusan pimpinan terhadap hasil evaluasi ranperda di propinsi menjadi landasan Bupati selaku kepala daerah untuk menetapkan perda APBD” sehingga jelas TTS tidak ada sanksi macam-macam;” ungkap Egy.

Wakil Ketua, Egy menjelaskan keputusan hasil evaluasi, sudah ada sejak tanggal 9 Desember 2019 yang selanjutnya dilakukan penyesuaian terhadap hasil evaluasi ranperda Gubernur NTT dengan keputusan pimpinan, dan persetujuan pimpinan terhadap hadil evaluasi atas ranperda APBD 2020 pada tanggal 10 Desember 2019, sehingga sidang paripurna tanggal 23 Desember 2019 hanya penyerahan saja.

BACA JUGA:   Dalam Pekan Ini, Demokrat Belu Jaring Pasangan Balon

Sedangkan berkaitan dengan hubungan kerjasama kata Egy, berdasarkan UU 23 /2014 tentang otonomi daerah, antara Bupati dan DPRD tidak ada atasan bawahan.

” Yang ada adalah mitra sejajar antara DPRD dan Bupati selaku kepala daerah dan sama sama menjadi unsur penyelenggara pemerintah di daerah,” urai Egy

Egy menyampaikan bahwa harus dipahami pada tahun tahun sebelumnya dipakai penetapan APBD, namun untuk saat ini yang dipakai adalah persetujuan bersama antara APBD terhadap perda APBD. (*Elli)


Bagikan:
Advertisement