Pemkot Harus Tegas Tutup Alfamart, Apa Istimewanya Tak Berizin Masih Beroperasi

Bagikan:

Zonalinenews-Kupang,- Apa istimewanya hingga Alfamart diperbolehkan menjalankan usahanya di Kota Kupang tanpa izin. Alfamart terlalu berani dan patut dipertanyakan. Tindakan yang dilakukan Alfamart ini tidak baik bagi pemerintah Kota Kupang, karena ini contoh yang tidak baik bagi pengusaha lainnya sudah menjalankan bisnisnya dengan mengurus izin.

” Ini yang nantinya dinilai tidak ada keadilan. Saya kira, mengurusi izin itu adalah sebagai suatu kewajiban. Selain itu kita berharap Pemkot membatasi ruang gerak Alfamart untuk tetap menjaga eksistensi pengusaha lokal warga kota Kupang,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Yuvensius Tukung Rabu 22 Januari 2020 via telpon ketika dimintai komentarnya terkait 6 Alfamart di Kota Kupang yang tak berizin tapi masih tetap beroperasi.

Menurut Yuvensius, upaya yang dilakukan oleh Pemkot itu sudah tepat dan pihaknya mendukung langkah yang diambil. Pihaknya melihat tindakan yang diambil Alfamart tidak ada nilai etikanya atau tidak menghargai pemerintah Kota Kupang. Untuk itu menurut Juven Alfarmart ini tidak perlu dikasih ruang di kota ini apalagi dengan cerita awalnya sudah tidak baik seperti ini.

” Semua harus berlaku sama dan bila benar tidak memiliki izin maka kita minta pemerintah ambil langkah tegas (menutup) Alfamart,” tutur Yuvensius.

Dikatakan Yuvensius, pihaknya melihat geliatnya yaitu banyak warga kota Kupang yang roda perekonomian selama ini bergantung pada usaha yang ada. Tapi jika tidak dikendalikan sejak awal, pihaknya yakin cepat atau lambat usaha mereka (warga) akan kalah saing.

BACA JUGA:   Terang Lilin Rakyat Sikka Sikapi Kondisi Bangsa

” Kita berharap itu tidak boleh terjadi dan pemerintah harus memiliki keberpihakan pada pengusaha-pengusaha kecil yang selama ini ada dan sedang tumbuh,” tegas Yuvensius .

Sementara itu, Wakil Walikota Kupang, dr Herman Man di Balai Kota ketika dikonfirmasi Zonalinenews pukul 10.09 Wita menjelaskan soal 6 Alfamart yang tak berizin sudah ditutup oleh pemerintah Kota Kupang.

Ketika ditanya wartawan ke 6 Alfamart tersebut masih beroperasi usai wakil Wali Kota Kupang melakukan pemantauan Senin 20 Januari 2020.

” Kita Akan pantau selama 3 hari terhitung Selasa 21 Januari 2020. Kalau masih beroperasi kita akan tindak,” tutur Herman Man.

Pantauan Zonalinenews hingga Rabu 22 Janauri 2020 Sore , Alfamart masih beroperasi tapi belum mengantongi ijin diantaranya Alfamart unit Oepura, unit Tompele Oetete, Unit Nunhila, Pasir Panjang, Pulau Indah serta Alfamart Oebufu. (*tim)